Kami juga memiliki 600 program beasiswa
Jakarta (ANTARA) - Komite Olimpiade Indonesia (KOI) menjajaki peluang kerja sama dengan Hungaria dalam upaya mengembangkan serta meningkatkan prestasi olahraga nasional.

Kesempatan kerja sama itu telah dibicarakan dalam kunjungan Duta Besar Hungaria untuk Indonesia Lilla Karsay ke Kantor KOI di Jakarta, Kamis (2/6).

Karsay menuturkan bahwa pemerintah Hungaria mempunyai berbagai program beasiswa dalam bidang olahraga, di antaranya beasiswa bidang manajemen olahraga dan penguatan komunitas olahraga.

Baca juga: KOI jajaki kerja sama dengan NOC Hungaria terkait pengiriman atlet

“Indonesia memiliki 270 juta penduduk. Kita harus benar-benar menemukan talenta dan potensi yang dimiliki negara ini. Hungaria siap untuk membantu pelatihan serta mempromosikan event dan cara menggelar suatu event. Banyak hal yang bisa kami gali potensinya di segala level,” ujar Karsay dalam keterangan resminya.

“Kami juga memiliki 600 program beasiswa. Kami bisa jajaki dari segi manajemen olahraga karena pemerintah kami memang menawarkan edukasi ini terutama untuk generasi muda,” jelas dia.

Sementara itu, Ketua Umum KOI Raja Sapta Oktohari mengatakan pihaknya masih menyusun kerja sama apa saja yang akan disepakati. Ia berharap rencana kerja sama dengan Hungaria dapat segera terealisasi dan menghasilkan keuntungan bagi kedua negara.

Apalagi Hungaria adalah salah satu negara yang memiliki koleksi emas yang cukup banyak dalam partisipasi mereka di Olimpiade. Pada Olimpiade Tokyo, misalnya, Hungaria mendapat enam medali emas dan telah mengumpulkan 186 emas sepanjang keikutsertaan dalam pesta olahraga empat tahunan itu.

Baca juga: Okto sebut hasil SEA Games jadi evaluasi pembinaan cabang olahraga

“Tentu kami masih harus menggali kerja sama apa saja yang bisa dikembangkan agar dapat menghasilkan keuntungan yang bagus bagi kedua negara,” kata Oktohari.

“Mungkin bisa dengan membuat sport camp khusus untuk meningkatkan kualitas performa atlet, entah di Indonesia atau Hungaria sehingga atlet Indonesia bisa berlatih di Hungari atau sebaliknya.”

Potensi kerja sama antara Indonesia dan pemerintah Hungaria selanjutnya akan dimatangkan melalui pertemuan di Budapest pada akhir Juni nanti. Pertemuan itu sekaligus bertepatan dengan agenda Kejuaraan Dunia Renang 2022 pada 17 Juni sampai 3 Juli.

Baca juga: KOI: penundaan Asian Games 2022 berdampak besar pada anggaran

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022