Zurich, Swiss (ANTARA News/AFP) - Lionel Messi Senin dianugerahi penghargaan Ballon d`Or FIFA 2011 pada suatu upacara yang dihadiri banyak bintang sepak bola di Zurich, untuk ketiga kalinya berturut-turut dalam dia meraih penghargaan bergengsi bagi pesepak bola terbaik dunia.

Messi (24), pemain depan Barcelona dan timnas Argentina, mengungguli para pesaingnya yakni Cristiano Ronaldo dari Real Madrid dan rekannya di Barca, Xavi.

"Ini merupakan kepuasan terbesar saya pribadi," ujar Messi.

"Ini untuk ketiga kalinya saya meraihnya. Ini benar-benar suatu penghargaan yang luar biasa, Saya ingin berterima kasih kepada siapa yang terlibat dengan saya -- rekan satu tim saya, para pelatih, pelatih (Pep Guardiola) san setiap orang di Barcelona.

"Saya juga ingin berterima kasih kepada tim nasional Argentina."

Messi menjadi pemain kedua, setelah presiden UEFA saat ini Michel Platini, yang memperoleh penghargaan itu tiga tahun berturut-turut.

Dia juga bergabung selain dengan Platini, juga dengan Johan Cruyff dan Marco van Basten yang memperoleh penghargaan itu tiga kali.

"Saya ingin membagi penghargaan tersebut dengan rekan satu tim saya, Xavi," tambah Messi, yang kemudian menunjuk rekannya tersebut kepada para hadirin di Gala Ballon d`Or FIFA.

"Dia patut mendapatkannya juga. Saya ingin membaginya dengan anda, karena anda berhak mendapatkannya pula seperti saya."

Penghargaan tersebut diadakan ketika Ballon d`Or bergabung dengan penghargaan Pemain Terbaik Dunia versi FIFA pada 2010 dan dipilih oleh para pelatih dan kapten tim nasional, serta panel wartawan sepak bola yang diseleksi oleh majalah Sepak Bola Prancis.

Messi merupakan calon kuat untuk mempertahankan gelarnya itu setelah setahun dia menginsiprasi klubnya dengan lima tropi, termasuk juara Liga Champions, Piala Dunia Klub FIFA, dan gelar juara Liga Utama Spanyol (La Liga) tiga kali berturut-turut.

Pada musim ini, dia telah mencetak gol ke-200 nya bagi Barcelona dan mendekati rekor sepanjang masa Cesar Rodriguez yang melesakkan sebanyak 235 gol bagi klubnya tersebut.

(A016/A011) 

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012