Alhamdulillah Bermani Coffee dipercaya ambil bagian dalam kegiatan festival Pasar Senggol Turki tahun 2022
Rejang Lebong, Bengkulu (ANTARA) - Produk kopi olahan asal Kecamatan Bermani Ulu, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, yang dikenal dengan nama Bermani Coffee tampil di festival Pasar Senggol Turki 2022.

"Alhamdulillah Bermani Coffee dipercaya ambil bagian dalam kegiatan festival Pasar Senggol Turki tahun 2022," kata pemilik Bermani Coffee Haris Gunawan dalam keterangan tertulisnya di Rejang Lebong, Senin.

Dia menjelaskan Bermani Coffee yang berasal dari Desa Purwodadi, Kecamatan Bermani Ulu tersebut sebelumnya meraih medali emas pada ajang Kejuaraan Kopi Internasional AVPA 2019. Saat ini semakin dikenal setelah tampil di Pasar Senggol Turki 2022.

Tampilnya produk UMKM Rejang Lebong di ajang internasional ini, kata dia, merupakan hasil kolaborasi Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia (PPID) dan Kementerian BUMN dengan Konsulat Jenderal di Istanbul Turki, yang dikemas dengan konsep Pasar Senggol khas Indonesia bekerja sama dengan Rumah BUMN PLN Kepahiang yang merupakan binaan PT PLN (Persero) UIW S2JB.

Kehadiran Bermani Coffee dalam ajang Festival Pasar Senggol Turki 1-6 Juni 2022 itu bukan hanya melambungkan nama produk mereka, namun juga mengangkat kopi Bengkulu dan Provinsi Bengkulu secara luas di dunia luar.

Sementara itu, salah satu fasilitator Rumah BUMN PLN S2JB Agung Yudha Prawira menjelaskan bahwa Pasar Senggol Turki sebagai ajang promosi UMKM mitra BUMN menembus pasar internasional.

Kegiatan itu sendiri oleh mitra Rumah BUMN binaan PLN, BRI, BNI, Pertamina dan Mandiri dan beberapa UMKM dari negara Thailand dan Malaysia juga para 80 UMKM Indonesia di Turki dengan tema pasar Pasar Senggol khas Indonesia (Indonesian traditional market).

Dalam kegiatan tersebut perwakilan mitra unggulan PLN adalah Kopi Bermani yang membawa 3 jenis produk yaitu kopi bubuk, roast bean dan green bean dan Rumah Madu Hutan Jambi yang membawa 5 macam jenis produk yaitu madu akasia, madu kelulut, bee power, bee pollen dan honey combs.

"Melalui kegiatan ini semoga dapat berkelanjutan sehingga semakin banyak UMKM mitra unggulan Rumah BUMN khususnya PLN berkesempatan untuk menunjukkan daya saing kualitas produk lokal kepada dunia," urainya.

Selain itu, dia juga berharap dengan kegiatan tersebut juga dapat di manfaatkan sebagai salah satu cara untuk membangun jaringan distribusi dan penjualan produk ke berbagai negara di Eropa.

Pada pelaksanaan festival ini sejumlah petinggi perusahaan besar seperti Indofood dan Unilever di Turki datang guna menyaksikannya produk UMKM Tanah Air tampil di Istanbul yang merupakan jalur sutra sehingga bisa menjadi tempat pemasaran dan memperkenalkan produk guna dipasarkan ke sejumlah negara di Eropa.

Baca juga: Lima kecamatan di Rejang Lebong kembangkan tanaman kopi arabika

Baca juga: Pengajuan izin usaha kopi kemasan meningkat di tengah pandemi

Baca juga: Produksi biji kopi dari Rejang Lebong alami peningkatan

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022