Jakarta (ANTARA) - WIR Group dan 99Virtual Race (99VR) berkolaborasi mengembangkan platform lari virtual di metaverse yang memungkinkan penggunanya melakukan kegiatan olahraga lari bersama layaknya di dunia nyata.

"Dengan ditandatanganinya kerjasama ini bersama WIR, maka kami akan segera mewujudkan era baru dalam dunia olahraga di mana para pengguna 99VR dapat berlari dan bersepeda, bahkan berkompetisi dengan siapa saja di metaverse,” ujar CEO & Founder 99VR Stevie Go melalui keterangan pers yang diterima di Jakarta, Minggu.

Sebagai informasi, 99VR sendiri telah berdiri sejak Mei 2017 dan tersedia di Google Playstore dan Appstore. Platform tersebut bertujuan untuk mendorong masyarakat agar dapat menjadikan olahraga lari sebagai gaya hidup sehari-hari.

Melalui inovasi teknologi metaverse, Stevie mengatakan, kegiatan olahraga yang dilakukan oleh 99VR diharapkan dapat memberikan pengalaman yang lebih seru, lebih menarik, dan lebih imersif.

"Mereka bisa janjian di metaverse untuk berlari atau bersepeda bersama-sama meskipun saat itu berbeda lokasi di dunia nyata. Bahkan mereka bisa merasakan gamifikasi lebih banyak dan seru di metaverse," tambah Stevie.

Sementara itu, Chief Marketing Office WIR Group Gupta Sitorus mengatakan, terjalinnya kerja sama dengan 99VR membuktikan bahwa platform metaverse merupakan wahana penting bagi seluruh lini sektor bisnis dan lembaga apapun yang ingin mengembangkan visinya di era digital.

"Berbagai pengembangan inovasi sangat mungkin dilakukan melalui platform metaverse di berbagai sektor, tinggal bagaimana kita bisa menggali kreativitas dan imajinasi yang kuat untuk dapat mengaplikasikannya, karena nantinya disesuaikan dengan kebutuhannya," katanya.

Gupta pun menilai bahwa 99VR memiliki visi dan misi kuat untuk terus meningkatkan kemampuan dengan mengadopsi teknologi digital terkini.

"Kedepannya, WIR Group berharap akan lebih banyak sektor di Indonesia yang masuk ke platform metaverse yang kami kembangkan guna meningkatkan ekosistem yang ada, sehingga transformasi digital di Indonesia akan lebih cepat tercapai,” tutup Gupta.

Sebagai pengembangan kerjasama di dunia metaverse, 99VR akan melakukan beberapa fase penggunaan teknologi terkini. Di antaranya, penambahan fitur mirroring, di mana para pengguna dapat menggunakan avatar mereka untuk bisa ikut berlari atau bersepeda di dunia metaverse. Selain itu, akan ada pula token, NFT, serta kegiatan menarik yang diciptakan secara berkesinambungan.

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022