Jakarta (ANTARA) - Perusahaan yang mengembangkan teknologi Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), dan kecerdasan buatan, PT WIR Asia Tbk (WIR Group) menggaet perusahaan edutek Bahaso untuk mengembangkan metaverse bagi dunia pendidikan di Indonesia.

Kolaborasi keduanya menandakan kolaborasi platform metaverse pertama di Indonesia untuk mengembangkan ekosistem pendidikan secara digital dan dapat meningkatkan pengalaman belajar serta kualitas bagi masyarakat.

"Sebagai penggerak dari teknologi web 3.0, kami melihat ekosistem yang interaktif serta imersif dapat memberikan pengalaman yang menarik bagi siswa dalam mengakses serta mengaplikasikan pelajaran,” ujar Chief of Marketing and Sales WIR Group Gupta Sitorus dalam siaran persnya, Senin.

Baca juga: Serangan "siber cloud" hingga "metaverse" jadi tren keamanan 2023

Kolaborasi antara WIR Group dan Bahaso itu diperkuat dengan penandatanganan kerjasama yang diwakilkan oleh Chief of Marketing and Sales WIR Group Gupta Sitorus dan Direktur Utama dan CEO dari Bahaso Allana Abdullah.

Mengenal Bahaso lebih jauh, sebenarnya perusahaan edutek tersebut sudah bergerak sejak 2015.

Kini Bahaso tengah membangun metaverse berbasis Blockchain dan AI untuk menjadi marketplace pendidikan serta pusat pelatihan bagi para profesional.

Lewat kerjasama WIR Group dan Bahaso, keduanya menjajaki potensi menggabungkan dua dunia Metaverse yang berbeda agar dapat meningkatkan pengalaman belajar pengguna serta memperkuat infrastruktur teknologi pada ekosistem pendidikan digital besutan Bahaso.

“Bahaso melihat potensi Metaverse dalam bidang pendidikan terutama dalam menciptakan platform yang lebih imersif dan interaktif. Untuk itu, kami menggabungkan ekosistem metaverse dengan WIR Group untuk memperkuat platform Metaverse kami agar lebih solid dan terintegrasi," ujar Allana.

Adapun teknologi web 3.0 melalui ekosistem Metaverse dengan dukungan blockhain dan AI memungkinkan siswa dapat menjelajahi lingkungan virtual dan berinteraksi dengan objek dan simulasi yang mungkin tidak dapat dilakukan di dunia fisik.

Hal ini dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep-konsep kompleks dan membuat pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan.

Platform Metaverse juga dapat memperkuat dan meningkatkan interaksi di antara guru dan murid menjadi menarik karena sifat imersifnya tersebut.

Kolaborasi itu pun diharapkan dapat mendorong transisi dunia pendidikan dari teknologi web 2.0 ke web 3.0 lebih cepat di Indonesia.

“Sistem pembelajaran dengan menggunakan teknologi web 3.0 akan menjadi lebih personal bagi pengguna di mana metode ini akan bermanfaat dalam meningkatkan keinginan belajar siswa. Kami harap kerjasama yang dijajaki WIR Group dan Bahaso dapat memberikan kebermanfaatan pada inovasi pendidikan di Indonesia,” tutup Gupta.

Baca juga: Kemenkominfo dukung kolaborasi pengembangan metaverse Indonesia

Baca juga: Gim adaptasi dari komik web "Garuda Eleven" siap meluncur

Baca juga: Meta uji coba terbatas metaverse Meta Horizon World

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023