Jakarta (ANTARA) - Perusahaan teknologi berbasis augmented reality (AR), virtual reality (VR), dan artificial intelligence (AI), WIR Group, telah mendapatkan lima paten global untuk AR yang teregistrasi pada Patent Coorperation Treaty (PCT).

Tujuan dari pendaftaran melalui skema PCT tersebut adalah untuk memberikan perlindungan kekayaan intelektual di skala internasional atas invensi dan inovasi yang dilakukan oleh perseroan.

"Dengan diperolehnya paten yang teregistrasi pada sistem PCT tersebut menjadi sangat penting bagi kami, karena dapat memberikan pengakuan dan perlindungan terhadap hasil inovasi melalui riset dan pengembangan teknologi yang kami lakukan,” kata Chief Innovation Officer dari WIR Group Jeffrey Budiman dikutip dari siaran pers, Sabtu.

Baca juga: Alfamart perluas jangkauan bisnis lewat Metaverse

Chief Technology Officer WIR Group Senja Lazuardy menambahkan bahwa dengan didaftarkannya paten melalui PCT, pengguna teknologi WIR Group akan merasa nyaman dalam memanfaatkan inovasi tanpa takut ada klaim dari pihak lain, serta menghindari terjadinya masalah bagi para pengguna.

"Ini akan meningkatkan kredibilitas kami sebagai pengembang teknologi, dan pihak lain tidak akan bisa menggunakan teknologi yang sama untuk masuk ranah komersial di negara-negara tempat paten teknologi tersebut terdaftar,” ujarnya.

Adapun lima paten tersebut adalah application device on mirror-like/reflective surface with AR (sistem untuk menerapkan AR pada permukaan reflektif seperti cermin), device for applying digital payment on an AR basis through mobile devices (metode dan proses penerapan kupon digital dengan menggunakan AR yang dapat digunakan sebagai transaksi).

Baca juga: JFW dan WIR Group gagas "fashion show" pertama di metaverse Indonesia

Kemudian, network integrated interactive display system with AR (sistem tampilan interaktif yang sudah terintegrasi jaringan dengan AR yang digunakan untuk mengenali suatu produk di dalam satu area), methode and device for 4 dimensional AR applications (metode dan pengembangan peralatan AR 4 dimensi yang menggabungkan gambar bergerak obyek pengguna dari kamera dengan obyek maya untuk ditampilkan bersama secara langsung).

Terakhir, methode and device for providing karaoke application with AR (metode dan pengembangan peralatan karaoke dengan AR sehingga pengguna merasakan dirinya seakan-akan sedang duet dengan penyanyi asli).

Kelima paten hasil pengembangan Tim Research & Development (R&D) Teknologi WIR Group itu dapat diterapkan pada berbagai aplikasi yang mendukung teknologi AR untuk menghadirkan pengalaman yang lebih berkesan dan mendalam.

Baca juga: WIR Group & CAKAP kolaborasi kembangkan metaverse di sektor pendidikan

Baca juga: JakLingko gandeng WIR Group kembangkan platform metaverse

Baca juga: Indonesia siap hadirkan konser musik di metaverse

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022