Yang kita bawa dalam ajang Festival Kopi Nusantara ini selain Kopi Bermani, juga ada Kopi Lestari yang juga dari Kabupaten Rejang Lebong
Bengkulu (ANTARA) - Kopi Bermani dan Kopi Lestari asal Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, tampil mewakili daerah wilayah itu pada Festival Kopi Nusantara yang dikemas dalam Jakarta Kreatif Festival (JaKreatiFest) 2022 yang diselenggarakan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta.

Manajer Fungsi Pengembangan UMKM dan Ekonomi Syariah Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu, Ilham Winoto dalam keterangannya di Bengkulu, Jumat, mengatakan Festival Kopi Nusantara tersebut dilaksanakan di Mal Sarinah Jakarta pada 16-18 Juni 2022.

"Yang kita bawa dalam ajang Festival Kopi Nusantara ini selain Kopi Bermani, juga ada Kopi Lestari yang juga dari Kabupaten Rejang Lebong," kata dia.

Dia menjelaskan, Kopi Bermani (Bermani Coffee) dan Kopi Lestari asal Kabupaten Rejang Lebong tersebut diikutsertakan dalam Festival Kopi Nusantara karena keduanya merupakan pelaku UMKM binaan Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Provinsi Bengkulu.

Sebelumnya ada beberapa jenis kopi yang mereka siapkan, namun kedua kopi ini dinyatakan lolos kurasi baik yang dilakukan KPw BI Provinsi Bengkulu maupun KPw BI Provinsi DKI Jakarta.

Menurut dia, pada pelaksanaan Festival Kopi Nusantara kali ini dari wilayah Sumatera hanya ada dua provinsi yang hadir yakni Aceh dan Bengkulu, di mana Bengkulu cukup beruntung karena mendapatkan dua kuota UMKM.

Dia berharap kegiatan ini nantinya akan bisa memperluas jaringan pasar dua kopi asal Kabupaten Rejang Lebong itu mengingat yang hadir dalam event ini bukan hanya pencinta kopi tetapi juga pengusaha cafe kopi se-DKI Jakarta.

Sementara itu, pemilik Bermani Coffee, Haris Gunawan menyatakan dirinya berterima kasih kepada KPw Bank Indonesia Provinsi Bengkulu yang telah mempercayakan Kopi Bermani untuk ikut dalam Festival Kopi Nusantara di Jakarta.

"Terima kasih kepada Bank Indonesia Bengkulu yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk lebih mengenalkan Kopi Bermani sebagai kopi asli Bengkulu. Kami berharap Kopi Bermani dan kopi Bengkulu secara luas semakin dikenal," katanya.

Baca juga: Warkop Digital, solusi pemasaran kopi asli Bengkulu

Baca juga: Kemenparekraf dorong identifikasi HKI untuk kopi Bengkulu

Baca juga: Produksi biji kopi dari Rejang Lebong alami peningkatan

 

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022