Medan (ANTARA) - Tiga dosen Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) berhasil memenangkan kompetisi hibah nasional Kemendikbudristek tahun 2022, yakni Prof. Umar Zein dari Fakultas Kedokteran, Dr. Asmanizar dari Fakultas Pertanian dan Dr. Evi Susilawati dari FKIP.

Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin di Medan, Sabtu, mengatakan, pihaknya sangat mengapreasiasi dosen-dosen UISU yang berhasil meraih dana hibah penelitian Kemendikbud Ristek Dikti.

"Kepada seluruh dosen UISU yang telah berpartisipasi mengirimkan proposal, saya ucapkan terima kasih," katanya.

Khusus kepada dosen yang lolos hibah penelitian, ia berharap, agar benar-benar fokus menyelesaikan kegiatan penelitian hingga tuntas. Selain bermanfaat untuk dosen yang bersangkutan juga merupakan prestasi bagi institusi sebagai bagian penilaian dari akreditasi institusi dan program studi.

Baca juga: Universitas Islam Sumatera Utara-Padangsidimpuan jalin kerja sama

Baca juga: UISU lolos seleksi hibah program Kompetisi Kampus Merdeka Afirmasi


"Hal ini juga membuktikan bahwa, dosen-dosen UISU mampu bersaing secara nasional," katanya.

Adapun judul proposal dosen UISU yang lolos hibah yakn Eksplorasi Lokasi Sistserkosis Taenia Asiatica Simalaungun Pada Hospes Perantata dan Upaya Iaktivasi Kista" atas nama Prof. Umar Zein.

Kemudian "Eksplorasi dan Potensi Musuh Alami Hama Invasi Spodoptera Frugiperda (lepodiptera: noctudiae) Pada Pertanaman Jagung" atas nama Dr. Asmanizar.

Selanjutnya "Model Penilaian Berbasis Teknologi Digital Ases Untuk Mengukur Karakter Mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan" oleh Dr. Evi Susilawati.

Lebih lanjut Rektor UISU menegaskan bahwa UISU komitmen untuk memfasilitasi dosen-dosennya dalam menyelenggarakan Tridharma perguruan tinggi. Bahkan, UISU menyediakan dana hibah internal untuk penelitian dan pengabdian dosen di lingkungan UISU.

Tujuannya untuk memotivasi dosen dalam melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian. Dengan demikian, selanjutnya dosen-dosen UISU mampu berkompetisi secara nasional.

Dengan demikian diharapkan pada tahun-tahun mendatang lebih banyak lagi dosen UISU yang mampu bersaing secara nasional. Selain meningkatkan kualitas dosen yang bersangkutan juga akan berdampak terhadap penilaian akreditasi program studi dan institusi.*

Baca juga: UISU tambah dua dosen penyandang gelar profesor

Baca juga: Dua mahasiswa UISU lolos NUDC tingkat nasional

Pewarta: Juraidi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022