Medan (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) memberikan persetujuan dibukanya Program Studi Doktoral (S-3) Kajian Bahasa Inggris Fakultas Sastra Universitas Islam Sumatera Utara (UISU ) melalui SK Mendikbudristek RI Nomor: 681/E/O/2023.

"Hal ini tentu sangat menggembirakan dan menjadi motivasi bagi seluruh sivitas akademika UISU. Ini adalah program S3 pertama di UISU," kata Rektor UISU, Dr. Safrida di sela prosesi wisuda 1.004 lulusan UISU periode II tahun akademik 2022/2023 di Medan, Kamis.

Pada kesempatan itu, Safrida menyampaikan bahwa tahun 2023 adalah tahun bersejarah dalam perjalanan UISU dengan pergantian estafet kepemimpinan pada 26 April lalu, dan tekad untuk menjadikan UISU sebagai perguruan tinggi unggul.

Baca juga: UISU beri mesin pembuat belacan pada UMKM di Langkat

"Untuk mencapai itu semua, ada beberapa hal yang menjadi perhatian serius seluruh sivitas akademika UISU, mulai dari pimpinan universitas hingga program studi yang ada di fakultas," katanya.

Pertama adalah digitalisasi di semua bidang dan aktivitas kampus, selanjutnya persiapan reakreditasi program studi menuju unggul yang harus benar-benar dikawal dan disupervisi secara serius, sebab untuk mendapatkan akreditasi institusi yang unggul harus didahului dengan capaian akreditasi unggul di level program studi.

Ketiga, menciptakan rumah-rumah riset di tingkat fakultas yang akan menjadi ujung tombak dari kegiatan penelitian dan pengabdian dosen-dosen di UISU.

"Perlu juga kami sampaikan bahwa UISU menjadi salah satu PTS di bawah pembinaan LLDIKTI Wilayah I dalam hal peningkatan akreditasi institusi menjadi unggul," katanya.

Kepada mahasiswa yang baru diwisuda, ia berpesan untuk berusaha lebih keras setelah ini sesuai dengan kompetensi masing-masing dan menciptakan lapangan kerja. Bagi wisudawan/wisudawati, katanya, wisuda adalah tahapan yang menandakan selesainya satu tahap kehidupan belajar di kampus.

Baca juga: Tiga dosen UISU terima hibah penelitian Kemendikbudristek

Baca juga: UISU tambah dua dosen penyandang gelar profesor
"Jadikan wisuda ini sebagai momentum untuk berusaha dan bekerja lebih keras lagi sesuai kompetensi masing-masing demi keberhasilan yang akan datang, menciptakan lapangan kerja, melanjutkan studi yang lebih tinggi atau mencari pengamalan ilmu di dunia kerja sebagai lulusan yang siap merancang dan meniti karier," katanya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah dalam kesempatan yang sama menyampaikan apresiasinya terhadap berbagai pencapaian yang diraih UISU selama ini.

"UISU terus mengalami peningkatan, dimana tahun ini sudah ada program S3 di Fakultas Sastra dan akan menyusul beberapa fakultas lainnya. Sebagai universitas swasta tertua di Sumut, ini peningkatan yang baik," katanya.

Pewarta: Juraidi
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023