Medan (ANTARA) - Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) mengirimkan 15 mahasiswa dan dosen dari Fakultas Pertanian serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Internasional dan pengabdian masyarakat ke Malaysia.

Rektor UISU Dr. Safrida, SE, M.Si di Medan, Ahad, mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi Fakultas Pertanian dan Ekonomi Bisnis tersebut dalam rangka mendukung pencapaian program-program menuju UISU Unggul.

Salah satunya melakukan kolaborasi dengan kampus-kampus yang ada di luar negeri. Untuk itu, pihaknya berharap kegiatan serupa dapat dilakukan oleh fakultas-fakultas lain di lingkungan UISU.

Ditegaskannya bahwa universitas akan memberikan dukungan dan memfasilitasi kegiatan kolaborasi dan program-program yang sejalan dengan upaya UISU untuk mendapatkan predikat unggul.

Baca juga: UISU beri mesin pembuat belacan pada UMKM di Langkat

Baca juga: Tiga dosen UISU terima hibah penelitian Kemendikbudristek


Salah satunya, melalui momentum pelaksanaan Milad UISU mendatang akan dijadikan ajang internasional yang melibatkan empat negara guna memudahkan seluruh prodi dan fakultas untuk berkolaborasi secara internasional dengan kampus-kampus di luar negeri.

Sementara Wakil Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Yusrita SE, MM menjelaskan bahwa agenda keberangkatan delegasi untuk berbagai kegiatan yang sudah direncanakan sebelumnya, di antaranya adalah pelaksanaan KKN Internasional mahasiswa Fakultas Pertanian dan Ekonomi ke Universiti Muhammadiyah Malaysia (UMAM) dan pengabdian masyarakat.

Pihaknya juga akan melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat sebagai implementasi MoU antara UISU dengan UMAM dalam kegiatan IPROPEX 2023 & ACADEMIC VISIT TO PTSS.

Nantinya, delegasi akan melakukan kunjungan ke beberapa perusahaan serta melakukan edukasi kepada masyarakat untuk penguatan usaha mikro kecil.

Selain itu, juga akan mengikuti kegiatan ilmiah dengan melakukan kunjungan ke Politeknik Malaysia Tuanku Syed Sirajuddin (PTSS) Perlis Malaysia dan Pameran Politeknik Malaysia Tuanku Syed Sirajuddin (PTSS) Perlis Malaysia.

Kemudian dilanjutkan dengan pengabdian kepada masyarakat Internasional bersama ke Kampung Pelangi Perlis Malaysia, NAS Agro Farm Kuala Lumpur, AG Integrated Farm Kuala Lumpur, Politeknik Malaysia Tuanku Syed Sirajuddin (PTSS) Perlis Malaysia, Majelis Agama Islam Negeri Perlis (MAIPS) Perlis Malaysia.

Selanjutnya Penandatanganan kerja sama dengan University Muhammadiyah Malaysia (UMAM), Politeknik Malaysia Tuanku Syed Sirajuddin (PTSS) Perlis Malaysia, NAS Agro Farm Kuala Lumpur, AG Integrated Farm Kuala Lumpur.

UISU juga akan mengikuti perlombaan pameran produk mahasiswa yang akan dipamerkan dari Fakultas Pertanian.

Sejumlah produk yang dipamerkan tersebut diantaranya Black Garlic, Syrup from Butterfly Pea Extract, Shredded Catfish, Spice Drinks based on Tea From Butterfly Pea, Moringa Leaf Chocolate, Organic Noodles from Durian Husk Extract, Natural Crackers from Moringa Leaves, Innovation of Edible Bio-Nanocomposite Carboxymethyl Cellulose-Chitosan Shrimp Skin Fortified with Moringa Leaf Extract as a Solution to Improve the Quality of Agricultural Products.

Sementara dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis terdapat 5 produk yang akan di pamerkan yakni; Innovation of Sensor Fusion Device as a Technology for, potato chips kampong, K'BON (Kue Bawang Abon), BAGOR'O (Bawang Goreng Original) yang nantinya setiap satu produk di dampingi oleh satu dosen pembimbing dari fakultas masing-masing.*

Baca juga: Universitas Islam Sumatera Utara-Padangsidimpuan jalin kerja sama

Baca juga: UISU lolos seleksi hibah program Kompetisi Kampus Merdeka Afirmasi


Pewarta: Juraidi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023