Semarang (ANTARA) - Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang memberi pendidikan dan pelatihan kepada 240 warga pesisir serta siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) tentang keterampilan dasar keselamatan laut.

Wakil Direktur PIP Semarang Nasri saat membuka pendidikan dan pelatihan pemberdayaan masyarakat di Semarang, Senin, mengatakan kegiatan ini akan memberikan keterampilan dasar keselamatan jika nantinya akan bekerja di dunia maritim.

Baca juga: Kemenhub cetak SDM unggulan di PoIiteknik Ilmu Pelayaran Semarang

"PIP mendapat amanah untuk melaksanakan pendidikan dan pelatihan pengabdian masyarakat," katanya.

Menurut dia, terdapat dua jenis pelatihan yang diberikan, yakni pelatihan dasar keselamatan serta pelatihan kesadaran keselamatan.

Pelatihan yang ditujukan bagi warga pesisir kurang mampu dan siswa SMK tersebut, kata dia, dipastikan gratis.

Baca juga: Menhub resmikan Rumah Sakit Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar

Selama 10 hari ke depan, lanjut dia, para peserta pelatihan akan memperoleh teori di kelas serta praktik secara langsung atas pengetahuan dasar yang diperolehnya itu.

Harapannya, menurut dia, para peserta pendidikan dan pelatihan ini sudah siap jika nantinya akan bekerja di dunia maritim.

Baca juga: Kemenhub luncurkan "Nadiworld" untuk imbangi teknologi pelayaran

"Usai pelatihan, para peserta akan memperoleh sertifikat agar nantinya bisa memperoleh kesempatan untuk bekerja di dunia transportasi laut di dalam maupun luar negeri," katanya.

Pewarta: Immanuel Citra Senjaya
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022