Manado (ANTARA News) - KRI Patola- 869 telah menemukan tiga nelayan korban perahu terbalik pada Minggu (29/1), di Belang Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara.

Asisten Operasi Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut VIII Manado, Kolonel Laut (P) Alex Firmansyah di Manado Rabu mengatakan, ketiga korban tersebut ditemukan pada Selasa (31/1) sekitar jam 18.30 wita.

"Saat ditemukan ketiga nelayan itu dalam keadaan selamat," katanya.

Dia mengatakan, ketiga nelayan itu masing-masing Robert Mamuin (35 tahun), Kayaha (51 tahun) dan Eman (32 tahun), ditemukan di Laut Maluku dengan posisi koordinat 00. 36. 351 U 12S. 1S. 313 T atau 40 mil dari daratan Belang.

Ketiga korban itu sebelumnya ditemukan oleh perahu tradisional nelayan setempat yang kebetulan berada di sekitar perairan itu.

Kemudian dievakuasi, oleh KRI Patola untuk dibawa kembali pulang ke Belang.

"Semua korban dalam kondisi selamat dan relatif sehat serta telah dibawa ke rumah sakit terdekat untuk menjalani pemeriksaan kesehatan lebih lanjut," katanya.

Dia menambahkan, sebelum kembali ke pangkalan, KRI Patola -869 tetap melakukan penyisiran akhir di perairan tersebut guna memastikan secara visual bahwa tidak ada korbanlagi yang barangkali tidak terdata sebelumnya.

Dalam pencarian nelayan yang hilang tersebut dilakukan tim SAR gabungan terdiri TNI AL, Kepolisian, Badan SAR Nasional, instansi terkait, pemerintah dan masyarakat setempat.(ANT)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012