Palangkaraya (ANTARA News) - Universitas Palangkaraya (Unpar) menerima 2.494 mahasiswa baru melalui jalur undangan, ujian tulis, dan keterampilan.

"Khusus melalui jalur undangan, sebanyak 1.918 mahasiswa dan 846 melalui jalur ujian tulis dan ketrampilan," kata ketua panitia lokal Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Unpar, Kumpiady Widen di Palangka Raya, Rabu.

Ia mengatakan, syarat pelamar jalur undangan yakni siswa SMA sederajat yang akan mengikuti UN tahun ini, memiliki prestasi akademik tinggi dan konsisten berdasarkan pemeringkatan oleh kepala sekolah yakni yang masuk dalam peringkat terbaik di sekolah yang sama pada semester tiga, empat dan lima dengan ketentuan akreditasi sekolah.

Sekolah akreditasi A bisa mengambil 50 persen siswa terbaik dari sekolahnya, akreditasi B 30 persen siswa terbaik, akreditasi C 15 persen siswa terbaik dan dan di luar akreditasi tersebut hanya lima persen siswa terbaiknya dengan masing-masing konsisten pada semester tiga, empat dan lima.

Diungkapkannya, untuk jalur undangan ini, kepala sekolah memegang peranan penting, karena akan menentukan dan merekomendasikan para siswa yang boleh masuk dalam daftar. Semua kepala sekolah wajib bisa IT, namun yang masih tidak bisa dapat meminta bantuan kepada stafnya untuk melakukan entry data, akan tetapi data siswa dirahasiakan.

Pendaftaran jalur undangan akan dibuka dari 1 Februari hingga 8 Maret 2012 sampai pukul 22.00 WIB dengan sistem online pada laman http://undangan.snmptn.ac.id dan tata cara pengisian borang pendaftaran jalur undangan dapat diundah pada laman yang sama.

Seleksi jalur undangan dilaksanakan pada 9-15 Mei 2012 oleh panitia pusat SNMPTN dan pengumumannya 25 Mei mulai pukul 18.00 WIB dan bagi yang diterima harus mendaftar ulang pada 12-13 Juni di universitas tujuan.

Biaya pendaftaran sebesar Rp175 ribu dan disetor ke Bank Mandiri. Para calon boleh memilih paling banyak dua universitas pilihan serta memilih paling banyak dua program studi pada masing-masing perguruan tinggi pilihan.

Ditambahkannya bagi calon peserta bidikmisi terlebih dulu harus mendaftar ke laman http://bidikmisi.dikti.go/id. peserta yang dinyatakan memenuhi syarat akan memperoleh kode akses pendaftaran (kap) dan pin.

Jika calon penerima bidikmisi direkomendasikan oleh kepala sekolah dalam SNMPTN jalur undangan, maka pin digunakan sebagai pengganti pembayaran biaya pendaftaran dan mendaftar di laman http://undangan.snmptn.ac.id.

Apabila calon peserta bidikmisi ternyata tidak memenuhi syarat diterima pada jalur undangan, maka kap dan pin dapat digunakan untuk mendaftar jalur ujian tulis tanpa harus membayar biaya ujian.

Bagi calon peserta yang dinyatakan lulus seleksi jalur undangan, namun berkeinginan mengikuti SNMPTN ujian tulis, maka pin yang telah diperoleh tidak berlaku dan yang bersangkutan harus membayar biaya ujian dengan menggunakan kap yang telah diperoleh sebelumnya.

"Bagi orang tua dan siswa yang berminat mengikuti jalur undangan dan bidikmisi namun belum paham tata cara pendaftaran dan persyaratannya, dapat datang setiap hari kerja ke pusat informasi BAAKPSI Unpar dari pukul 09.00 - 12.00 WIB," ujarnya. (GR/Z002)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2012