Indonesia dan Filipina telah bekerja sama sejak tahun 1949 dan terus berlangsung hingga kini.
Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) Laksamana Madya TNI Aan Kurnia melakukan kunjungan kerja ke Markas Besar Philippine Coast Guard di Manila, Filipina dalam rangka mempererat kerja sama keamanan maritim antara Indonesia-Filipina

"Saya mengharapkan kerja sama ini semakin kuat di masa depan, khususnya dalam mewujudkan keamanan maritim di kawasan," kata Aan Kurnia yang dikutip dari keterangannya di Jakarta, Selasa.

Laksdya TNI Aan Kurnia berkunjung ke Markas Besar Philippine Coast Guard (PCG) di Manila, Filipina pada Selasa. Kunjungannya disambut oleh Coast Guard Vice Admiral (CG VADM) The Philippine Coast Guard (PCG) Eduardo Dacoco Farbicante beserta jajaran pejabat utamanya.

Dalam penyambutannya, Eduardo menyatakan kegembiraannya atas kedatangan pimpinan tertinggi Bakamla RI.

"Indonesia dan Filipina telah bekerja sama sejak tahun 1949 dan terus berlangsung hingga kini, dan merupakan sebuah strategic partnership (kerja sama strategis) bagi kedua negara," kata Eduardo.

"Bahkan, kita sudah seperti close brothers (saudara dekat)," ujarnya menambahkan.

Aan Kurnia turut menyampaikan apresiasi atas kerja sama dan hubungan baik yang telah terbina antara Bakamla RI dan PCG.

Dalam kesempatan tersebut, jajaran pimpinan Bakamla RI mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi sejumlah satuan dan fasilitas Philippine Coast Guard, yaitu Marine Environmental Protection Command dan Coast Guard Education, Traning, and Doctrine Command.

Kunjungan kerja ini bertujuan untuk mempererat hubungan dan menguatkan rasa saling percaya antara Indonesia dengan Filipina sebagai kerangka kerja bersama untuk penguatan kapasitas masing-masing pihak dalam rangka penegakan hukum di laut, khususnya di wilayah perbatasan laut Indonesia dan Filipina serta kawasan pada umumnya.

Turut mendampingi kegiatan kunjungan tersebut adalah Deputi Informasi Hukum dan Kerja Sama (Inhuker) Bakamla RI Laksamana Muda TNI Putu Angga, Kepala Bagian Humas Bakamla RI Kolonel Bakamla Wisnu Pramandita, serta Atase Pertahanan RI Kolonel (T) Bambang Widjonarko.
Baca juga: Kepala Bakamla RI: Latihan VBSS untuk antisipasi kejahatan maritim
Baca juga: Bakamla RI resmikan pusat pelatihan maritim VBSS di Batam

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022