Waktu yang singkat ini akan dimaksimalkan untuk pematangan strategi dan chemistry antarpemain
Jakarta (ANTARA) - Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) memanggil enam pemain untuk menghadapi FIBA 3x3 Asia Cup yang akan berlangsung di Singapura, 6-10 Juli mendatang.

Enam pemain tersebut adalah pemain naturalisasi Lester Prosper, Sandy Ibrahim, Reza Fahdani Guntara, Rio Disi, Julian Chalias, dan Kevin Moses.

Ketua Bidang 3x3 PP Perbasi Rama Datau mengatakan FIBA 3x3 Asia Cup merupakan ajang penting yang harus diikuti demi memajukan dan mempopulerkan bola basket 3x3. Ajang tersebut juga menjadi salah satu upaya dalam regenerasi pemain timnas 3x3.

Baca juga: Timnas 3x3 putri rebut perunggu SEA Games, tim putra tanpa medali

“Kami memang sengaja memanfaatkan FIBA 3x3 Asia Cup ini sebagai ajang regenerasi pemain-pemain timnas 3x3," ujar Rama dalam siaran pers Perbasi yang dikutip di Jakarta, Rabu.

Dalam persiapan menuju FIBA 3x3 Asia Cup, timnas 3x3 hanya akan melakukan pertandingan internal mengingat waktu persiapan yang singkat.

"Waktu yang singkat ini akan dimaksimalkan untuk pematangan strategi dan chemistry antarpemain. Namun kami tidak mengagendakan uji coba, hanya pertandingan internal," ucapnya.

Tim 3x3 Indonesia akan dipimpin oleh pelatih Nico Donnda Fitzgerald, yang menggantikan pelatih sebelumnya Ali Budimansyah.

Rama mengatakan pergantian pelatih dari Ali Budimansyah saat di SEA Games Vietnam dengan Nico Donnda merupakan bagian dari upaya PP Perbasi dalam regenerasi kepelatihan 3x3.

"Karena ada pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan oleh pelatih-pelatih yang lama, kami terpaksa mencari pelatih baru dan juga momen ini sebagai ajang regenerasi untuk pelatih," katanya.

Baca juga: Timnas basket 3x3 putra gagal pertahankan medali perak SEA Games

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022