Kupang (ANTARA) - Stasiun Meteorologi El Tari Kupang Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan empat daerah di Nusa Tenggara Timur berstatus waspada hujan deras selama beberapa hari ke depan.

"Empat daerah waspada hujan deras itu yakni Timor Tengah Selatan, Belu, Malaka, dan Sumba Timur," kata Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang Agung Sudiono Abadi dalam keterangan yang diterima di Kupang, Kamis.

Baca juga: BMKG: Waspadai gelombang sangat tinggi berpotensi landa perairan NTT

Ia mengatakan hal itu berkaitan dengan prakiraan cuaca berbasis hujan deras di wilayah NTT selama 1-2 Juli 2022.

Agung menjelaskan empat daerah tersebut memiliki matriks risiko kuning atau berstatus waspada hujan deras sehingga berpotensi memicu bencana hidrometeorologi.

Potensi hujan deras, kata dia, dapat menyebabkan banjir akibat volume aliran sungai yang meningkat dan mengganggu aktivitas masyarakat dalam skala menengah.

Baca juga: BMKG Stamet Komodo: Nelayan batasi aktivitas di perairan dampak cuaca

Hujan deras juga berpotensi menimbulkan tanah longsor berupa guguran bebatuan atau erosi tanah dalam skala menengah.

Agung mengimbau warga agar mengurangi aktivitas di luar rumah jika tidak ada keperluan mendesak saat sedang terjadi hujan deras.

Selain itu terus memperbaharui informasi cuaca melalui media massa maupun media sosial atau berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait kebencanaan.

Baca juga: BMKG: Sejumlah wilayah di Tanah Air berpotensi hujan lebat

Agung juga mempersilakan masyarakat terus memantau perkembangan cuaca untuk memahami kondisi di daerah dengan mengakses layanan informasi yang tersedia selama 24 jam melalui kanal komunikasi yang disiapkan yaitu nomor kontak (0380) 881613 atau WhatsApp 081139404264.

Selain itu, bisa melalui website meteoeltari.com, email met_kupang@yahoo.com, maupun aplikasi mobile INFO BMKG.

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022