Jakarta (ANTARA) - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI memanfaatkan momentum keceriaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 perseroan untuk terus mendorong peningkatan kinerja pelaku UMKM.

Perseroan menampilkan produk UMKM terpilih pada Bazar Spesial HUT BNI dengan Tema “Jelajah UMKM Nusantara atau JUARA”, yang dilaksanakan di Lobi Graha BNI mulai 5 Juli hingga 8 Juli 2022.

Corporate Secretary BNI Mucharom dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis, menyampaikan Indonesia telah memasuki era next normal, dimana pemerintah mulai menggerakkan sektor-sektor ekonomi terutama industri kreatif melalui UMKM yang berjuang sejak pandemi.

“Melalui kesempatan HUT Ke-76 BNI yang berbahagia ini, kami ingin menekankan kembali semangat go produktif, go global, dan go digital BNI dalam upaya bersama untuk mendorong UMKM naik kelas dengan memanfaatkan solusi digital serta kesempatan ekspor ke luar negeri,” kata Mucharom.

Ia melanjutkan, dalam upaya mendukung gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia, pihaknya mengenalkan tujuh kategori produk UMKM BNI untuk lebih di kenal oleh masyarakat yaitu Kayu, Anyaman, Keramik, Kulit, Fesyen Ready To Wear, Wastra, dan Kosmetik.

Baca juga: HUT Ke-76 BNI, Erick minta BNI bantu UMKM dan pekerja migran

BNI juga mengenalkan enam kopi cita rasa Nusantara dari Rumah BUMN (RB) Bantaeng, RB Belu, RB Wonogiri, RB Padang, RB Tulung Agung, dan RB Sumba Barat Daya, serta 60 produk makanan ringan Nusantara.

"Dalam bazar spesial ini BNI juga akan memberikan penawaran menarik bagi pengunjung yang menggunakan Kartu BNI, baik debit atau kredit. Tentunya Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) BNI pun akan menjadi salah satu alat pembayaran paling mudah bagi pengunjung,” tambahnya.

Sementara itu Founder Faber Instrument Indonesia Helmi Suana mengapresiasi BNI yang selalu menunjukkan keberpihakannya terhadap UMKM dalam setiap program-program kerjanya. BNI dinilai memiliki semangat yang tinggi dalam mendorong UMKM untuk dapat meningkatkan kapabilitas dan kualitas usaha untuk mencapai kinerja paling maksimal.

Bahkan, Faber Instrument yang baru terdaftar menjadi debitur satu tahun, sudah mulai mendapat kesempatan untuk memamerkan produknya di berbagai festival UMKM baik lokal maupun internasional. Dengan demikian, Faber Instrument cukup beruntung karena produk-produk radio vintage saat ini lolos kurasi Official Merchandise G20 Indonesia.

"Kami sangat bersyukur karena BNI memberi kesempatan kepada kami untuk banyak mengikuti program pengembangan pasar khususnya dengan mengikuti berbagai festival, termasuk di Turki. Ini akan menjadi dorongan bagi kami untuk terus meningkatkan kreasi produk-produk kami demi menjadi kebanggaan negeri," ucap Helmi.

Baca juga: BNI guyur promo serba Rp76 spesial di hari ulang tahun

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022