Jakarta (ANTARA) - Pemain naturalisasi asal Amerika Serikat Marques Bolden masuk dalam daftar 12 pemain tim nasional bola basket Indonesia untuk FIBA Asia Cup 2022 yang akan bergulir di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, 12-24 Juli.

Dalam keterangan yang dirilis PP Perbasi, Minggu, Bolden, yang absen dalam dua laga terakhir Kualifikasi Piala Dunia FIBA 2023 awal Juli lalu, akan tampil bersama 11 pemain lain dalam kejuaraan bola basket se-Asia itu.

Sebanyak 11 pemain tersebut merupakan pebasket yang tampil memperkuat Indonesia dalam laga kualifikasi melawan Arab Saudi dan Yordania pada 1 Juli dan 4 Juli. Mereka di antaranya Andakara Prastawa, Brandon Jawato, Arki Dikania Wisnu, serta pemain-pemain muda seperti Yudha Saputera, Derrick Michael, Muhammad Arighi.

Baca juga: Rajko Toroman masih bertumpu kepada Marques Bolden di Piala FIBA Asia

Indonesia akan tampil di FIBA Asia Cup 2022 dengan dibayangi masalah cedera di antara sejumlah pemainnya.

Bolden sempat mengalami cedera punggung sejak SEA Games di Vietnam dan bermasalah dengan perut karena diare beberapa pekan sebelum laga kualifikasi.

Selanjutnya, Prastawa mengalami cedera setelah penampilannnya melawan Arab Saudi pada laga kualifikasi. Shooting guard andalan Abraham Damar Grahita juga bermasalah dengan tendinitis atau peradangan pada tendon lututnya. Dia hanya bermain sekitar 13 menit dengan penampilan di bawah performa saat melawan Yordania.

Meski begitu, pelatih kepala timnas bola basket putra Indonesia Rajko Toroman tetap yakin Merah Putih bisa lolos delapan besar FIBA Asia Cup 2022 dan mengamankan satu tempat di Piala Dunia 2023, terlebih dengan kehadiran dua big man, Bolden dan Derrick, yang disebut akan sangat membantu tim dalam membuat rebound dan mencetak poin di paint area.

Bolden juga menyatakan sudah 100 persen fit dan siap bermain di FIBA Asia Cup 2022.

Indonesia akan mengawali fase penyisihan Grup A FIBA Asia Cup 2022 melawan Arab Saudi pada 12 Juli, sebelum bertemu dengan Yordania pada 14 Juli.

Indonesia selanjutnya akan menghadapi sang juara bertahan Australia pada 16 Juli.

Baca juga: Derrick Michael 100 persen percaya diri tatap FIBA Asia Cup 2022

Berikut 12 pemain Indonesia untuk FIBA Asia Cup 2022:

Andakara Prastawa

Vincent Rivaldi Kosasih

Abraham Damar Grahita

Marques Bolden

Brandon Jawato

Arki Dikania Wisnu

Yudha Saputera

Derrick Michael

Muhammad Arighi

Agassi Goantara

Juan Laurent Kokodiputra

Widyanta Putra Teja

Baca juga: Ali Budimansyah: Dukungan penonton berpengaruh di FIBA Asia Cup 2022
Baca juga: Dua wasit Indonesia bakal pimpin pertandingan FIBA Asia Cup 2022
Baca juga: Penjualan tiket FIBA Asia Cup 2022 sudah di atas 50 persen


Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022