Jakarta (ANTARA) - Tim nasional bola basket China menyudahi penampilan di fase penyisihan Grup B Piala FIBA Asia 2022 dengan kemenangan meyakinkan 95-80 melawan Taiwan di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu.

Dengan kemenangan tersebut China mengunci posisi runner-up Grup B dan akan meladeni tuan rumah Indonesia, yang finis di urutan ketiga Grup A, dalam fase playoff perebutan tiket perempat final.

Taiwan juga bakal melakoni pertandingan serupa sebagai tim peringkat ketiga Grup B melawan Yordania selalu runner-up Grup A.

Baca juga: Indonesia takluk dari Australia pada laga terakhir Grup A
Baca juga: Indonesia hadapi China dalam laga hidup mati FIBA Asia Cup 2022


Kapten Wang Zhelin mengemas 17 poin dan tujuh rebound untuk memimpin China mengantungi kemenangan penting kali ini.

Sun Minghui menambahkan 16 poin dan tujuh assist, Zhao Rui mencatatkan 15 poin dan enam assist, Xu Jie memperoleh 13 poin, sementara Zhou Qi dan Xu Minghuan masing-masing turut menyumbang 10 poin.

Lin Ting-Chien tampil luar biasa untuk Taiwan dengan raihan 30 poin, diikuti dwiganda 18 poin dan 12 rebound dari William Artino, serta sumbangan 13 poin milik Chen Ying-Chun.

Di pertandingan ketiga ini, China tampak mulai menemukan ritme terbaik dan reputasi mereka sebagai raja basket Asia.

Anak-anak asuh Du Feng bahkan segera menciptakan marjin keunggulan dua digit pada sisa waktu tiga menit 33 detik kuarter pertama ketika Sun melesakkan tembakan tripoin untuk membuat kedudukan 19-8.

Baca juga: Yordania tutup fase grup kalahkan Arab Saudi 74-64

Taiwan berusaha memangkas jarak dan hanya bisa mendekat 19-28 saat tripoin Lin menutup keran poin kuarter pertama.

China terus memperlebar marjin bahkan menjadi sejauh 20 poin dalam kedudukan 44-24 setelah Zhao memanfaatkan dua lemparan gratis pada sisa waktu enam menit 58 detik kuarter kedua, tetapi Taiwan berjibaku mengikisnya lagi hingga tersisa 43-54 saat periode itu berakhir.

China kalah perolehan poin 20-22 dari Taiwan di kuarter ketiga, tapi mereka tetap menutup periode tersebut dengan keunggulan relatif nyaman 74-65 setelah Gu Quan melesakkan tripoin buzzer-beater.

Kepercayaan diri yang membesar membuat China cukup mudah mengunci kemenangan 95-80 meski angka pemungkas laga datang dari tripoin Lin untuk Taiwan.

Baca juga: Ringkasan Piala FIBA Asia: Lebanon susul Korsel ke perempat final
Baca juga: India sejak awal sadar dapat grup sulit di Piala FIBA Asia

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2022