Jakarta (ANTARA) - Harga komoditas bawang merah di Pasar Senen, Jakarta Pusat, mulai berangsur turun menjadi Rp55 ribu per kilogram, setelah sempat naik Rp75 ribu pada saat perayaan Idul Adha beberapa waktu lalu.

Seorang pedagang bawang di Pasar Senen, Tati mengatakan harga bawang merah mengalami sedikit penurunan. Dia menyebutkan harga bawang merah yang dijual dirinya sekitar Rp55 ribu per kilogram.

"Hari ini turun, Rp55 ribu per kilogram tapi masih mahal, walupun sempat Rp75 ribu saat lebaran haji, turun sedikit demi sedikit," kata Tati saat ditemui di Pasar Senen, Jakarta, Senin.
 
Dia mengatakan harga normal bawang merah berkisar Rp25 ribu hingga Rp30 ribu per kilogram, menurutnya harga bawang merah melambung diakibatkan cuaca hujan dan banjir di wilayah produksi sentra bawang seperti di Brebes, Jawa Tengah.

Sedangkan harga bawang putih, masih menurut dia, hingga kini masih berkisar di harga Rp27 ribu per kilogram.

Seorang pedagang bawang Pasar Senen lainnya Imam mengatakan adanya penurunan harga bawang merah, yang saat ini dijualnya dengan harga Rp 47ribu hingga 55 ribu per kilogram tergantung kualitas dan ukuran.

"Harga bawang merah turun sedikit, tapi masih (dapat disebut) mahal," kata Imam saat ditemui di Pasar Senen.

Ia juga menambahkan banyak pembeli yang mengeluhkan dengan harga bawang merah yang masih mahal tersebut, sehingga diharapkan harga bawang merah bisa kembali turun sehingga tidak banyak lagi pembeli yang mengeluh mengenai harga.

Seorang pembeli Rokaya mengatakan harga bahan pangan masih terbilang tinggi setelah Idul Adha, ia setiap hari berbelanja di pasar Senen untuk membeli kebutuhan pokok termasuk bawang merah.

"Masih sama mahal, bawang merah naik cabai merah naik, pada naik semua," katanya saat berbelanja di Pasar Senen.

Rokaya juga mengeluhkan harga bahan pokok yang masih mahal terutama bawang merah karena dapat mempengaruhi keuntungan bisnis usaha rumah makannya yang menurun.

Berdasarkan data Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok Kementerian Perdagangan (SP2KP) harga bawang merah Senin (18/7) seharga Rp67ribu per kilogram di wilayah DKI Jakarta, atau turun 8,27 persen dari harga sebelumnya Rp 73 ribu per kilogram pada Jumat (8/7).

Baca juga: Pakar pertanian meyakini bawang merah tak perlu impor

Pewarta: Soni Namura
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022