Jakarta (ANTARA) - Anggota DPR RI Achmad Baidowi menyatakan pendidikan dapat meningkatkan kualitas diri dan meningkatkan peran di tengah masyarakat.

“Pendidikan merupakan investasi besar bagi semua individu untuk meningkatkan kualitas diri sehingga mereka bisa meningkatkan peran di tengah masyarakat,” kata Achmad Baidowi dalam keterangannya diterima di Jakarta Kamis.

Ia mengatakan pendidikan menjadi penting bagi seluruh rakyat Indonesia. Generasi muda sebagai penerus bangsa diharapkan memiliki semangat yang tinggi memperjuangkan pendidikan mereka.

Achmad Baidowi yang juga Wakil Ketua Badan Legislasi DPR RI menyampaikan itu usai resmi diwisuda sebagai doktor dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

Baca juga: Baidowi: KIB dideklarasikan secara resmi Sabtu (4/6) malam

Baidowi berhasil mempertahankan disertasi doktoralnya yang berjudul “Pengaruh Pengawasan dan Kompetensi Aparatur Desa Terhadap Efektivitas Pengelolaan Dana Desa Berbasis Aplikasi E-Village Budgeting di Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur”.

Baidowi berharap gelar yang disandangnya bisa memotivasi dirinya untuk lebih mengabdi kepada bangsa, khususnya sebagai anggota DPR yang saat ini diemban.

"Gelar ini diharapkan memberikan semangat kepada generasi muda, khususnya para aktivis untuk tetap meraih pendidikan tertinggi di tengah kesibukan yang menumpuk," kata dia.

Baca juga: Achmad Baidowi: KIB bisa mengusung capres dan cawapres

Baidowi merupakan satu dari 37 lulusan S3 yang diwisuda di Kampus IPDN Sumedang, Jawa Barat, pada Kamis (28/7). Prosesi wisuda yang dipimpin langsung oleh Rektor IPDN Dr Hadi Prabowo diikuti 37 magister dan 1992 praja, dan hadir Mendagri Tito Karnavian yang menyampaikan orasi ilmiah.

“Saya bersyukur bisa menjalani semua proses pendidikan S3 di IPDN. Saya berterima kasih kepada seluruh jajaran IPDN, khususnya para dosen yang mengampu mata kuliah hingga membimbing proses pembuatan disertasi,” kata Baidowi.

Tak lupa, Ketua Umum Generasi Muda Pembangunan Indonesia (GMPI) itu menyampaikan terima kasih kepada keluarga yang selalu memberikan dukungan, sehingga proses pendidikan S3 di IPDN berhasil dilalui.

Baca juga: F-PPP: Perlu aturan teknis terkait Putusan MK

Apalagi selama ini, Baidowi mempunyai kesibukan, baik sebagai anggota Komisi VI DPR RI, Sekretaris Fraksi PPP, hingga Ketua DPP PPP dan sejumlah organisasi lainnya.

“Ucapan terima kasih saya kepada istri dan anak-anak yang merelakan sebagian waktu keluarga untuk sejumlah kesibukan, termasuk menyelesaikan pendidikan doktoral. Terima kasih juga kepada orang tua yang selalu mendoakan hingga mampu menjalani semua proses pendidikan sejak kecil dulu hingga mencapai gelar doktor,” ujarnya


.

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022