Siasatnya sering-sering nimbang. Jadikan timbangan itu teman kita
Jakarta (ANTARA) - Dalam menjaga berat badan agar tetap ideal, aktris Nirina Zubir mengaku dia selalu berusaha 'berteman' dengan timbangan sehingga bisa lebih memahami kebutuhan badannya sendiri.

"Siasatnya sering-sering nimbang. Jadikan timbangan itu teman kita. Biasanya kita takut nimbang karena takut naik berat badan, sekarang ganti pola pikirnya," ujar Nirina Zubir di Jakarta, Senin.

Menurut Nirina, dengan rajin menimbang badan, dia menjadi lebih mudah melakukan evaluasi mulai dari aktivitas yang dijalani hingga makanan yang dikonsumsi.

Baca juga: Tips menambah berat badan ideal secara aman dan alami

"Pagi timbang, lalu aku makan seharian dengan aktivitas seharian seperti jalan kaki dan segala macam, pas mau tidur nimbang lagi. Misal naik banyak, berarti ada yang harus diperbaiki besok, mungkin makanannya dikurangi atau aktivitas jalannya dibanyakin," tutur Nirina.

Nirina menambahkan, dia akan menjadi lebih sering menimbang badan jika hari itu dia melakukan olahraga.

"Buat orang-orang mungkin mikirnya berlebihan. Tapi aku enggak berpikir begitu karena dari situ kita bisa mempelajari badan kita sendiri," imbuhnya.

Mengenai olahraga yang sering dia lakukan, Nirina mengatakan dia sangat menyukai jalan kaki. Menurut dia, jalan kaki sangat efektif membakar kalori sama seperti lari bahkan bersepeda.

Baca juga: Penyebab berat badan naik cepat usai Lebaran bukan hanya makanan

"Aku pernah merasakan aku nimbang berat badan sebelum jalan kaki, terus pas selesai nimbang lagi. Bahkan gram yang berkurang itu kadang-kadang bisa lebih banyak daripada lari, ditambah enggak pake sakit, kalau lari kan ada aja yang sakit entah engkel, dengkul, paha," tutur Nirina.

"Kalau jalan kaki kan karena biasa dilakukan sehari-hari, jadinya enggak terbebani. Tapi ternyata bakar kalorinya sama kayak lari. Jadi ya, ok, jalan kaki cukup menyenangkan," lanjutnya.

Sementara mengenai asupan makanan, Nirina mengatakan dirinya adalah flexitarian alias fleksibel dan vegetarian.

"Ada momennya aku mengurangi tepung, ada momennya aku mengurangi protein hewani, ada momennya aku ingin jadi vegetarian, ada momennya aku jadi pescatarian. Aku pikir sekarang ini flexitarian aja lah ya," pungkas Nirina.

Baca juga: Cara Tya Ariestya jaga berat badan ideal usai diet

Baca juga: Stres hambat proses menurunkan berat badan

Baca juga: Berapa banyak jumlah langkah per hari yang dapat turunkan berat badan?

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022