Jakarta (ANTARA) - Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mengajak masyarakat untuk senantiasa menjaga kesehatan tubuh dengan rutin melakukan olah raga.

"Menjaga kesehatan sangat penting di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, salah satu caranya adalah dengan rutin olah raga," kata Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Agus Suprapto.

Ketika dihubungi dari Jakarta, Selasa, Agus menjelaskan bahwa pemerintah pada saat ini tengah menggalakkan kembali gerakan masyarakat hidup sehat atau Germas menyusul kondisi pandemi COVID-19 di Tanah Air yang mulai terkendali.

Hal ini, kata dia, sesuai dengan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dalam rangka mendorong masyarakat untuk mengutamakan paradigma sehat yang promotif dan preventif.

"Masyarakat perlu terus diingatkan bahwa mencegah penyakit itu lebih baik dibanding mengobati, kampanye ini akan terus digaungkan ke seluruh wilayah di tanah air seiring kembali digencarkannya program Germas," katanya.

Baca juga: Kemenko PMK harapkan masyarakat inisiatif tes COVID-19 saat bergejala

Sebagai bentuk implementasi dari Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2017 tentang Germas tersebut, tambah dia, pemerintah akan meningkatkan edukasi mengenai pentingnya meningkatkan aktivitas fisik dan berperilaku hidup sehat.

"Kami juga akan menggerakkan masyarakat untuk rutin melakukan pemeriksaan kesehatan dan deteksi dini penyakit serta mengajak masyarakat menjaga kebersihan lingkungan guna menopang gaya hidup yang bersih dan sehat," katanya.

Kemenko PMK, kata dia, akan terus berperan aktif bersama-sama dengan kementerian dan lembaga terkait lainnya dalam upaya sosialisasi dan edukasi yang intensif mengenai pentingnya gaya hidup bersih dan sehat terutama di masa pandemi COVID-19 ini.

"Kami juga akan mendorong seluruh pemerintah daerah untuk terus menggaungkan mengenai pentingnya hidup sehat dan menjaga kebugaran kepada para warga yang ada di wilayahnya masing-masing," demikian Agus Suprapto.

Baca juga: Kemenko PMK: Beras yang dikubur di Depok sudah tidak layak konsumsi

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022