Solo (ANTARA) - Tembang berjudul "Moving On" yang dibawakan penyanyi Andien memulai upacara penutupan ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Sabtu malam.

"Bersama mentari, kubernyanyi, mewarnai hari-hari. Bersama pelangi, kumenari, menyambut bebasnya hati ini ... ," demikian petikan lirik yang dinyanyikan Andien.

Pemilik nama lengkap Andini Aisyah Haryadi itu tampil anggun dengan gaun unik berwarna putih, dipadu dengan gemerlap cahaya di panggung.

Di tengah penampilannya, Andien menghampiri sejumlah atlet difabel yang berada di panggung bawah, seraya mengajaknya menari dan bernyanyi.

Selain Andien, deretan musisi papan atas memeriahkan upacara penutupan APG 2022, antara lain Delon, Alffy Rev, Kezia, Inara, hingga Yura Yunita.

Baca juga: Andien hingga Yura Yunita meriahkan upacara penutupan APG 2022

Penutupan ASEAN Para Games 2022 dihadiri sekitar 10.000 orang. Panitia pelaksana mengurangi kapasitas penonton untuk masyarakat umum.

Saat pembukaan, tiket bagi umum berjumlah 4.500 tiket, kini hanya dibagikan 2.000 tiket saja.

Presiden RI Joko Widodo direncanakan menutup perhelatan olahraga dua tahunan itu, dihadiri sejumlah jajaran pejabat negara.

Kontingen Indonesia menjadi juara umum ASEAN Para Games 2022 setelah mengumpulkan medali terbanyak dengan total 177 emas, 141 perak, 110 perunggu.

Hasil ini mengulang pencapaian Indonesia dalam pesta olahraga terbesar untuk atlet disabilitas di Asia Tenggara edisi sebelumnya pada 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Ketika itu, Indonesia juga menjadi juara umum setelah mengumpulkan 126 emas, 75 perak, 50 perunggu.

Secara keseluruhan, Indonesia tercatat tiga kali menjadi jawara setelah prestasi serupa juga terjadi di ASEAN Para Games 2014 di Naypyidaw, Myanmar.

Baca juga: Presiden hadiri penutupan ASEAN Para Games 2022 di Stadion Manahan
Baca juga: Indonesia dapat medali di semua cabang olahraga ASEAN Para Games 2022

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022