"Kami ingin menunjukkan bahwa keberagaman Indonesia harus terus dirawat, karena hanya dengan gotong royong dalam perbedaan itulah, bangsa ini bisa pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat," ujar Baktiono, yang juga Ketua Komisi C DPRD Kota Surabaya.
Surabaya (ANTARA) - Jajaran pengurus dan kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Surabaya mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah saat upacara peringatan HUT ke-77 RI di kantor DPC PDIP Kota Surabaya, Jatim, Rabu.

"Kemerdekaan adalah milik seluruh rakyat Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Rote. Persatuan adalah menjadi kunci kekuatan kita bersama, seperti sesanti Bhineka Tunggal Ika, berbeda-beda tetapi tetap satu," kata Sekretaris DPC PDI Perjuangan Surabaya Baktiono saat bertindak sebagai pemimpin upacara.

Jalannya upacara tampak penuh warna karena sebagian kader dan pengurus PDIP mengenakan pakaian adat dari berbagai suku dan daerah di Indonesia. Sebagian yang lain mengenakan seragam PDI Perjuangan. Hadir pula kalangan veteran, yang menempati kursi undangan.

"Kami ingin menunjukkan bahwa keberagaman Indonesia harus terus dirawat, karena hanya dengan gotong royong dalam perbedaan itulah, bangsa ini bisa pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat," ujar Baktiono, yang juga Ketua Komisi C DPRD Kota Surabaya.

Beragam pakaian adat dikenakan oleh perwakilan Pimpinan Anak Cabang (PAC) dari 31 kecamatan se-Surabaya. Winarti Djunaedi, dari Tambaksari memakai pakaian daerah Bali. "Pakaian Bali simpel, unik dan menarik," kata Winarti.

Halnya sama juga disampaikan pengurus PAC PDIP Gubeng Anik Andayani yang juga memakai pakaian adat Papua. "Salam hangat untuk saudara-saudara di Papua," kata Anik.

Ada pula pakaian Madura yang dikenakan Hosein dan Abdul Malik dari Semampir. "Saya memilih pakaian Madura. Rasanya pas sekali," kata Hosein.

Suasana penuh keakraban terlihat saat upacara di kantor DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya. Kantor DPC tersebut diresmikan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri pada 23 Agustus 2021.

"Kami bersyukur, Indonesia yang kaya ini terus maju, terus terjaga budayanya. Kami warisi api perjuangan Sang Proklamator, Bung Karno dan Bung Hatta, untuk terus merawat kekayaan Indonesia termasuk keragaman budaya," ujar kata Ketua DPC PDI Perjuangan Surabaya Adi Sutarwijono.

Adi, yang juga Ketua DPRD Kota Surabaya, mengikuti upacara HUT Kemerdekaan RI ke-77 di Balai Kota Surabaya, dipimpin Wali Kota Eri Cahyadi.

"Kami jaga terus kekompakkan dan kesolidan, bekerja keras untuk melayani masyarakat. Kami bangga, PDI Perjuangan semakin melekat di hati rakyat, khususnya masyarakat Surabaya," kata Adi.

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022