London (ANTARA) - Indeks saham unggulan Inggris turun tipis pada awal perdagangan Jumat, dan indeks midcap yang berfokus di dalam negeri di jalur untuk mengakhiri minggu ini lebih rendah karena sentimen konsumen mencapai rekor terendah di tengah krisis biaya hidup.

Indeks FTSE 100 eksportir-berat tergelincir 0,2 persen pada pukul 07.15 GMT, dengan kerugian dibatasi oleh jatuhnya sterling ke level terendah empat minggu.

Sentimen konsumen Inggris pada Agustus turun ke level terendah setidaknya sejak 1974, sebuah survei menunjukkan, karena rumah tangga merasa "kesal" tentang melonjaknya biaya-biaya.

Baca juga: Saham Inggris perpanjang reli, indeks FTSE 100 bertambah 0,36 persen

Kumpulan lain menunjukkan pembeli Inggris menghabiskan lebih banyak dari yang diperkirakan pada Juli karena banyak yang tertarik dengan promosi belanja daring. Data tidak memberikan jeda untuk saham ritel, dengan sektor ini turun 1,0 persen karena tren jangka panjang untuk penjualan diperkirakan akan turun.

Indeks FTSE 250, lebih terekspos ke ekonomi domestik, turun 0,4 persen dan berada di jalur untuk kerugian mingguan 1,3 persen.

Joules Group merosot 32,5 persen setelah pengecer fesyen ini mengatakan bahwa mereka akan mengalami kerugian tahunan, karena cuaca panas baru-baru ini dan krisis biaya hidup memukul permintaan untuk kategori utamanya seperti pakaian luar dan pakaian hujan.

Baca juga: Rubel Rusia dekati level tertinggi 4 minggu terhadap dolar
Baca juga: IHSG jelang akhir pekan diprediksi naik tipis, ikuti Wall Street



 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022