Jakarta (ANTARA) - Dekan Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar KH Muammar Muhammad Bakry mengatakan berbangsa dan bernegara merupakan fitrah manusia sebagai makhluk ciptaan Allah Swt..

“Jadi, kita bernegara dan berbangsa itu adalah sesungguhnya fitrah manusia. Itu tertuang dalam Alquran Surat Al Hujurat ayat 13, yang tertulis 'wahai manusia sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan. Kemudian, Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal'," kata Muammar, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Dengan demikian, menurut dia, apabila berbangsa dan bernegara dianggap oleh pihak tertentu sebagai tagut ataupun kafir, maka anggapan itu berarti menyalahi kodrat Ilahi, kodrat sebagai manusia, atau naluri manusia.

Baca juga: Wapres berpesan moderasi harus jadi pedoman berbangsa dan bernegara

Imam Besar Masjid Al Markaz Al Islami Makassar, Sulawesi Selatan, ini menjelaskan sejatinya tidak ada hal secara baku atau ditentukan oleh Nabi Muhammad SAW mengenai praktik ataupun konsep yang ditawarkan dalam Alquran dan hadis mengenai model negara. Yang ada, kata dia, adalah mengenai prinsip berbangsa dan bernegara sehingga narasi negara kafir dan tindakan mengharamkan nasionalisme itu terpatahkan.

“Yang ada adalah prinsip-prinsip bernegara dan berbangsa dalam Alquran dan hadis yang ditawarkan Nabi Muhammad SAW, misalnya musyawarah, keadilan, dan kemanusiaan. Itulah yang harus dibangun,” jelas Muammar.

Oleh karena itu, tambah dia, sejatinya Pancasila menawarkan hal-hal yang persis seperti yang ditawarkan Nabi Muhammad SAW dalam konsep Piagam Madinah. Menurutnya, Pancasila merupakan hasil kemahiran para pendiri bangsa ini dalam merumuskan negara Indonesia dengan menggunakan asas Pancasila.

Baca juga: Jazilul tekankan pentingnya pahami rukun berbangsa dan bernegara

Kemudian terkait dengan narasi haramnya negara dan praktik nasionalisme, menurut Muammar, hal tersebut muncul karena adanya pihak-pihak tertentu yang keliru memahami dalil Alquran atau hadis.

“Maka tentunya, kita luruskan dengan dalil yang sama, Nabi Muhammad itu sudah mengatakan bahwa suatu saat ada umatku yang merusak Alquran dan hadis dengan pemahaman yang keliru. Itu yang sekarang terjadi saat ini,” kata dia.

Dengan demikian, dia menilai kelompok yang kerap merongrong Pancasila dengan dalil haram patut diduga tidak memahami makna ayat-ayat Alquran atau bahkan memang sengaja berencana merusak pemahaman moderat dan persatuan anak bangsa.

Baca juga: LDII ajak "remoralisasi" kehidupan berbangsa dan bernegara

Muammar berharap segenap pihak, khususnya tokoh agama dan pemerintah mampu lebih proaktif menarasikan wacana keagamaan yang moderat sebagai jihad untuk kemajuan bangsa.

“Jangan sampai kita menjadi silent majority (mayoritas bisu). Kita tertidur, padahal masyarakat sedang membutuhkan wacana-wacana keislaman yang sejuk. Harus ada keberanian sebagai jihad kita untuk menarasikan lebih masif wacana-wacana keislaman itu,” kata dia.

Di samping itu, lanjut Muammar, kerja sama semua pihak dibutuhkan, terutama melalui penguatan solidaritas antarkelompok masyarakat sipil dengan mengerahkan kekuatan ormas keagamaan yang moderat.

“Melalui langkah itu, pemahaman keagamaan lahir dari bawah sehingga tidak ada pula kesan bahwa pemerintah ini mencekoki dan memaksa pemahaman mereka tersendiri. Jadi, saya kira kekuatan bottom-up serta top-down perlu ada secara regulatif dan harus lebih masif dari bawah,” ucap dia.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022