Warga sudah menunggu momentum ini karena sudah dua tahun terhenti karena pandemi COVID-19
Jakarta (ANTARA) - Kelurahan Cipinang Melayu, Jakarta Timur, memantapkan persiapan lomba dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Ke-77 Kemerdekaan RI di Kalimalang, yang dijadwalkan berlangsung tanggal 27 - 28 Agustus 2022.

Lurah Cipinang Melayu Aroyantoro mengatakan persiapan lomba berjalan di atas bambu tersebut telah dilakukan oleh panitia acara.

"Persiapannya sudah dilakukan dari beberapa hari yang lalu. Terkait penataan tempat pelaksanaan, persiapan koordinasi dengan pihak terkait," kata Aroyantoro di Jakarta, Jumat.

Ketua RW 04 Cipinang Melayu Irwan Kurniadi menjelaskan bahwa persiapan lomba HUT RI di Kalimalang telah mencapai 90 persen.

"Nanti malam tinggal memasang untuk hadiah," ujar Irwan.

Irwan menambahkan lomba di Kalimalang itu telah menjadi tradisi warga sejak tahun 1981. Namun sejak dua tahun terakhir lomba tersebut terpaksa dihentikan karena pandemi COVID-19.

"Warga sudah menunggu momentum ini karena sudah dua tahun terhenti karena pandemi COVID-19," tutur Irwan.

Irwan mengatakan selain lomba berjalan di atas bambu akan ada lomba gebuk bantal di Kalimalang, dan lomba makan kerupuk terpanjang yang diikuti sebanyak 300 orang.

Tak hanya itu, nantinya juga ada bazar yang menampilkan produk UMKM di sekitar lokasi perlombaan.

"Rencananya kegiatan dimulai dari jam 10.00 WIB," kata Irwan.

Perlombaan di Kalimalang setiap perayaan HUT RI begitu dinantikan oleh masyarakat karena sejak 1981 silam sudah menjadi bagian budaya ketika merayakan HUT RI.

Beda dengan lomba lain yang saat pesertanya gagal jatuh ke tanah liat, peserta lomba di aliran Kalimalang terjatuh ke aliran kali dengan kedalaman sekitar tiga hingga lima meter.
Baca juga: Lomba di Kalimalang jadi wisata, Pemkot Jaktim: Itu wewenang BBWSCC
Baca juga: Cipinang Melayu kembali gelar tradisi lomba di Kalimalang
Baca juga: Wagub DKI: Penting refleksi kemerdekaan bagi siswa

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022