Kepala kampung mengatakan rendahnya tingkat kehadiran kepala puskesmas mempengaruhi pelayanan kesehatan kepada warga mereka
Wamena, Papua (ANTARA) - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua, Thony Mayor mengaku telah menerima laporan dari warga bahwa Kepala Puskesmas Distrik Yalengga jarang berada di tempat tugas.

"Penyampaian itu akan saya laporkan kepada bupati. Ini saran dari kepala kampung," katanya di Wamena, Minggu.

Ia mengaku menerima laporan tersebut saat dirinya melakukan kunjungan kerja ke Distrik Yalengga.

Pada kesempatan itu, kata dia, kepala kampung mengatakan rendahnya tingkat kehadiran kepala puskesmas mempengaruhi pelayanan kesehatan kepada warga mereka.

"Saya sudah buat video terkait penyampaian kepala kampung itu dan akan disampaikan kepada pimpinan," katanya.

Sekda mengatakan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Kabupaten Jayawijaya sangat penting sehingga tidak boleh diabaikan.

Masalah kesehatan, menurut dia, bukan saja tanggung jawab tenaga medis melainkan perlu dukungan warga, termasuk kepala distrik dan kepala-kepala kampung.

Sekda menyampaikan terima kasih kepada 11 kepala kampung di Distrik Yalengga yang rutin mengalokasikan separuh dari dana desa (DD) untuk penanganan stunting.

"Saya sudah jelaskan bahwa masalah kesehatan seperti stunting, tidak bisa berdiri sendiri dari bidang lain. Jadi pertanian ada, ketahanan pangan ada semua saling menunjang," demikian Thony Mayor.

Baca juga: Kemenkes merestui empat puskesmas baru di Jayawijaya

Baca juga: Bupati Jayawijaya tarik ambulans yang dijadikan angkutan umum

Baca juga: Pemkab Jayawijaya mutasi guru ke distrik pinggiran

Baca juga: Puskesmas udara, inovasi baru Dinkes Nduga layani warga kampung

Pewarta: Marius Frisson Yewun
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022