Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa hukum terjadi di Indonesia pada hari Rabu (31/8), mulai dari panggilan penyidik Bareskrim Polri untuk pemeriksaan lanjutan Putri Candrawathi dengan metode konfrontasi hingga kecelakaan truk trailer di Bekasi yang menelan 10 korban jiwa.

Berikut ini lima berita hukum menarik pilihan ANTARA.

Putri Candrawathi penuhi panggilan penyidik Bareskrim Polri

Putri Candrawathi, istri Irjen Pol. Ferdy Sambo, tersangka pembunuhan berencana Brigadir J, memenuhi panggilan penyidik Bareskrim Polri untuk pemeriksaan lanjutan dengan metode konfrontasi.

Kedatangan Putri terlacak dari keberadaan Tim pengacaranya yang tiba di Bareskrim Polri, Rabu, pukul 10.02 WIB.

Selengkapnya baca di sini.

Pembunuhan empat warga sipil di Timika dilakukan 10 orang

Dirkrimum Polda Papua Kombes Faizal Rahmadani mengakui, dari hari pemeriksaan terungkap pelaku pembunuhan terhadap empat warga sipil di Timika dilakukan 10 orang termasuk enam anggota TNI AD.

Dari 10 orang pelaku, seorang di antaranya masih buron yaitu RMH, sedangkan sembilan pelaku yang sudah ditahan di Mapolres Mimika dan Subpomdam XVII Cenderawasih di Timika.

Selengkapnya baca di sini.

Jaksa ungkap peran eks Mendag M Lutfi dalam dugaan korupsi ekspor CPO

Jaksa penuntut umum dari Kejaksaan Agung memaparkan peran mantan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi pemberian persetujuan ekspor minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) dan turunannya.

Dalam surat dakwaan untuk mantan Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Indra Sari Wisnu Wardhana, jaksa menyebutkan pada bulan Januari 2022, M. Lutfi selaku Mendag berkomunikasi lewat ponsel dengan penasihat kebijakan/analis pada Independent Research & Advisory Indonesia (IRAI) yang juga Tim Asistensi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Weibinanto Halimdjati alias Lin Che Wei.

Selengkapnya baca di sini.

Menkopolhukam: Rekonstruksi Ferdy Sambo secara hukum sudah benar

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengatakan bahwa jalannya rekonstruksi dugaan pembunuhan berencana Brigadir J yang diikuti Ferdy Sambo secara hukum sudah benar.

Hal tersebut dilontarkan menanggapi kontroversi yang mengemuka soal jalannya proses rekonstruksi pembunuhan Brigadir J pada Selasa (30/8) di mana publik mempertanyakan absennya sejumlah adegan dalam rekonstruksi tersebut.

Selengkapnya baca di sini.

Jumlah korban meninggal kecelakaan truk trailer di Bekasi ada 10 orang

Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Metro Jaya menyebut sedikitnya 30 orang menjadi korban kecelakaan maut yang melibatkan truk trailer di Jalan Sultan Agung, Bekasi Barat, Kota Bekasi, pada Rabu, dengan 10 orang korban di antaranya meninggal dunia.

"Jadi, jumlah korban sampai saat ini secara keseluruhan ada 30 orang, untuk korban yang meninggal dunia 10 orang," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Latif Usman kepada wartawan di lokasi kejadian.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022