Banjarmasin (ANTARA) - Prof Ahmad menjadi Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) terpilih periode 2022-2026 setelah memenangi pemungutan suara anggota senat bersama perwakilan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim yang diikuti tiga calon rektor hari ini.

"Sebanyak 68 suara yang diperoleh Prof Ahmad mengungguli 25 suara Dr Achmad Syamsu Hidayat dan 10 suara Prof Aminuddin Prahatama Putra," kata Ketua Panitia Pemilihan Rektor ULM periode 2022-2026 Nurul Azkar di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kamis.

Dijelaskan dia, total ada 103 suara yang diperebutkan ketiga kandidat. Terdiri dari 67 anggota senat ULM termasuk sang ketua Prof Muhammad Hadin Muhjad. Kemudian 36 suara menteri yang diambil dari presentasi 35 persen dari kehadiran anggota senat.

Hasil pemilihan hari ini segera dilaporkan panitia ke Menteri untuk mendapatkan surat keputusan sekaligus penjadwalan pelantikan Rektor ULM terpilih.

Baca juga: ULM terima 140 Mahasiswa Merdeka dari perguruan tinggi seluruh negeri

Baca juga: 24 mahasiswa baru asal Papua memberi warna di ULM


Nurul Azkar menunjukkan hasil pemungutan suara pemilihan Rektor ULM periode 2022-2026. (ANTARA/Firman)
Diketahui Rektor ULM Prof Sutarto Hadi yang telah memimpin dua periode berakhir masa jabatannya pada 19 September 2022 mendatang.

Sehingga Azkar berharap pelantikan rektor baru dapat dilaksanakan sebelum berakhirnya masa jabatan Prof Sutarto agar jangan sampai ada pejabat pelaksana tugas, namun langsung rektor definitif.

Sementara Prof Ahmad menyampaikan terima kasih atas kepercayaan anggota senat dan menteri kepada dirinya untuk memimpin ULM sebagai perguruan tinggi negeri (PTN) terbaik dan terbesar di pulau Kalimantan dengan akreditasi A itu.

"Proses pemilihan telah usai, mari kita rapatkan barisan untuk kemajuan ULM ke depan yang semakin progresif," ucapnya.*

Baca juga: ULM dan Unja kerja sama pertukaran mahasiswa merdeka

Baca juga: Tim ULM ciptakan produk penyerap limbah minyak dari eceng gondok


Pewarta: Firman
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022