Jakarta (ANTARA) - Terdapat sejumlah berita penting dan menarik bidang ekonomi pada Kamis (1/9) kemarin yang informasinya masih layak untuk disimak pada pagi hari ini diantaranya pemerintah masih menghitung dengan hati-hati harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, hingga cabai merah, cabai rawit dan bawang merah jadi pemicu terjadinya deflasi pada Agustus 2022 sebesar 0,21 persen mtm.

Berikut berita-berita yang bisa disimak:

1. Presiden sebut subsidi BBM masih dihitung dengan hati-hati

Presiden Joko Widodo mengatakan Pemerintah masih menghitung dengan hati-hati harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, khususnya jenis solar dan Pertalite.

Selengkapnya di sini


2. Menperin: PMI Manufaktur RI menguat, tanda industri kian kondusif

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan Purchasing Purchasing Managers’ Index (PMI) Manufaktur Indonesia pada Agustus 2022 yang mencapai 51,7, semakin menguat dari angka 51,3 pada bulan sebelumnya, yang mengindikasikan industri nasional kian kondusif.

Selengkapnya di sini


3. BPS sebut cabai rawit hingga bawang merah picu deflasi Agustus

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono menyatakan komoditas cabai merah, cabai rawit dan bawang merah merupakan pemicu terjadinya deflasi pada Agustus 2022 sebesar 0,21 persen (mtm).

Selengkapnya di sini


4. Erick: "5G Mining" Freeport turunkan biaya operasional 40 persen

Menteri BUMN Erick Thohir menyebutkan bahwa teknologi "5G Smart Mining" pada kegiatan pertambangan milik PT Freeport Indonesia (PTFI) dapat menurunkan biaya operasional, termasuk pengeboran hingga 40 persen.

Selengkapnya di sini


5. OJK siapkan kerangka regulasi dukung HAKI sebagai jaminan utang

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Dian Ediana Rae menyebut sedang mempersiapkan kerangka regulasi Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) sebagai agunan atau jaminan atas pinjaman dari penyedia jasa keuangan.

Selengkapnya di sini


Baca juga: Kemarin, BBM nonsubsidi turun hingga kerugian dari perubahan iklim
Baca juga: Kemarin, subsidi BBM membengkak hingga Bandara Halim beroperasi lagi
Baca juga: Kemarin, pembangunan IKN dimulai hingga bansos pengalihan subsidi BBM

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022