Jakarta (ANTARA) - Sirkuit Bukit Peusar di Tasikmalaya, Jawa Barat menjadi saksi laga perdana FIM MiniGP Indonesia Series 2022 pada 3-4 September setelah sebelumnya mengalami perubahan jadwal.

Technical Manager untuk FIM MiniGP Indonesia, Doni Tata Pradita saat dikonfirmasi dari Jakarta, Sabtu mengatakan seri pertama dan kedua FIM MiniGP Indonesia harus mengalami perubahan jadwal dari semula di Sentul International Karting Circuit, Bogor, Jawa Barat, 16-17 Juli.

"Ada persiapan yang belum matang jadi jadwalnya mundur karena terkait izin yang tidak keluar. Kemudian di Sentul juga jadwal penuh dan kami mencari sirkuit permanen lainnya dan memutuskan bergulir di Sirkuit Bukit Peusar," kata Doni kepada ANTARA.

Baca juga: 15 pebalap muda terpilih bersaing di FIM MiniGP Indonesia Series 2022
Baca juga: Doni Tata: FIM MiniGP gerbang pebalap muda menuju pentas dunia


Mantan pebalap nasional itu juga mengungkapkan pemilihan Sirkuit Bukit Peusar sebagai arena untuk dua seri pertama FIM MiniGP Indonesia telah melalui berbagai pertimbangan.

"Sirkuit di sini permanen dan aspalnya lebih bagus. Layout sirkuit juga tidak monoton. Ada up and down, blind corner, lebih bervariasi seperti di Eropa. Konturnya tidak flat," kata Doni menambahkan.

Adapun terkait jadwal seri selanjutnya, kata Doni, tidak mengalami perubahan. Seri ketiga dan keempat akan tetap bergulir di Sentul International Karting Circuit pada 13-14 Agustus, kemudian dilanjutkan seri kelima dan keenam di lokasi yang sama pada 24-25 September.

FIM MiniGP tahun ini menjadi ajang pertama yang bergulir di Indonesia. Gelaran ini menjadi gerbang bagi pebalap muda Merah Putih menuju pentas dunia.

Sebanyak 15 pebalap berusia 10-14 tahun bakal mengikuti rangkaian perlombaan dengan menggunakan motor Ohvale GP-0 160 asal Italia.

Baca juga: MiniGP Indonesian Series siapkan pebalap muda Indonesia ke MotoGP
 

Mereka yang tampil, sebelumnya telah mengikuti seleksi pada 15 Juni dan 20 Juni lalu di Sentul International Karting Circuit.

Setelah semua seri bergulir, dua pebalap terbaik nantinya akan mengikuti final di Valencia, Spanyol, yang berlangsung bersamaan dengan penutupan musim MotoGP 2022.

Tahun ini FIM MiniGP World Series bergulir di berbagai negara. Selain Indonesia, ajang ini hadir di Prancis, Irlandia, Portugal, Italia, Malaysia, Belanda, Amerika Serikat, Qatar, Spanyol, dan Inggris.

Selain itu juga Negara Anggota Uni Alpe Adria Series seperti Republik Ceko, Yunani, Serbia, Slovenia, Swiss, Romania, Kroasia, Hungaria, Bosnia dan Herzegovina, Polandia, serta Slovakia.

Dalam kurun waktu 20 tahun, FIM MiniGP telah melahirkan lebih dari 525 pebalap. Beberapa nama besar jebolan kejuaraan ini antara lain Marc Marquez, Jorge Lorenzo, Casey Stoner, Dani Pedrosa, Alex Marquez, Maverick Vinales, Joan Mir, dan masih banyak pebalap hebat lainnya.

"Semua pebalap Indonesia sangat antusias dan seneng banget. Mereka langsung mengecek motor Ohvale GP-0 160 karena spek motornya beda dengan yang sebelumnya mereka gunakan," pungkas Doni yang menjadi pebalap Indonesia pertama yang berpartisipasi dalam ajang balap Grand Prix 250 cc.

Baca juga: Ketua IMI dukung NTB tuan rumah MXGP dan MiniGP
Baca juga: Indonesia siap jadi tuan rumah FIM MiniGP World Series 2022

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2022