Jakarta (ANTARA) - Warga Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, mulai menerima Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak (BLT BBM) dan Bantuan Sosial Tunai (BST) Sembako tahap pertama dari PT Pos Indonesia Unit Pelayanan Pulau Pramuka.

Lurah Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta, Muhammad Fakih Burhanudin mengatakan, penyaluran BLT BBM bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di wilayahnya berjalan aman dan lancar.

"Semoga dana BLT BBM Rp300.000 dan BST Sembako Rp200.000 yang diterima warga terdaftar sebagai KPM dapat dipergunakan dengan baik," ujar Fakih di Kepulauan Seribu, Senin.

Petugas PT Pos Indonesia Unit Pulau Pramuka, Bunyamin menambahkan, berdasarkan data sasaran penerima bantuan di Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, tercatat ada 536 KPM.

"Total jumlah penerima 536 KPM, dengan rincian RW 01 berjumlah 163 KPM, RW 02 yaitu 112 KPM, RW 03 sebanyak 156 KMP, RW 04 mencapai 48 KPM dan RW 05 capai 57 KPM," kata Bunyamin.

Baca juga: Puluhan warga Jakut ambil BLT di Kantor Pos
Baca juga: DKI gelontorkan subsidi BBM kapal ke Kepulauan Seribu Rp4,8 miliar

Bupati Kepulauan Seribu Junaedi mengatakan, ribuan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdata di Kabupaten Kepulauan Seribu menerima BLT BBM tahap pertama mulai pekan ini.

"Untuk di Kepulauan Seribu total penerima BLT BBM sebanyak 1.815 KPM," kata Junaedi di Jakarta Utara, Sabtu (10/9).

Kabupaten Kepulauan Seribu memiliki 11 pulau berpenduduk di enam kelurahan, yaitu Kelurahan Pulau Kelapa, Kelurahan Pulau Harapan dan Kelurahan Pulau Panggang di Kecamatan Kepulauan Seribu Utara.

Selanjutnya Kelurahan Pulau Tidung, Kelurahan Pulau Pari dan Kelurahan Pulau Untung Jawa di Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan.

Ribuan KPM yang terdata di setiap kelurahan masing-masing mendapat uang tunai sebesar Rp150.000 per bulan secara bertahap selama empat bulan, dari September sampai Desember 2022.

Junaedi mengatakan, bansos BBM disalurkan langsung oleh petugas PT Pos Indonesia, melibatkan aparatur kelurahan, kecamatan maupun RT/RW yang ada di masing-masing 11 pulau berpenduduk dan juga aparat TNI/Polri.
 

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022