Beijing (ANTARA) - Liu adalah pemimpin tim patroli sukarelawan yang menjaga sebuah cagar alam nasional ikan langka di hulu Sungai Yangtze.

Dibentuk delapan tahun lalu dan didukung oleh pemerintah setempat, tim tersebut kini memiliki 11 anggota, yang sebagian besar dari mereka dulunya hidup sebagai nelayan, termasuk Liu.

Perubahan pekerjaan para nelayan tersebut merupakan bagian dari serangkaian upaya yang dilakukan oleh Kota Chongqing di China barat daya untuk melindungi lingkungan ekologi "sungai induk" China.

Sejak pembentukan tim patroli itu, para nelayan setempat bersemangat dalam melawan perburuan liar, membantu mengungkap lebih dari 1.000 kasus aktivitas penangkapan ikan ilegal di sepanjang sungai tersebut.

Pada 1 Januari 2021, larangan penangkapan ikan selama 10 tahun mulai diberlakukan di perairan-perairan penting Sungai Yangtze.

Chongqing membentuk sebuah mekanisme manajemen jangka panjang untuk melarang penangkapan ikan dan menerima cakupan penuh dari kerja sama penegakan hukum di perairan-perairan perbatasan antarprovinsi.

Berkat serangkaian upaya berkelanjutan, jumlah ikan langka pun pulih secara signifikan.




 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022