kurir pengantar paket online adalah garda terdepan dalam jasa pengiriman logistik dan selama pandemi COVID-19 menjadi pekerja esensial yang memudahkan hidup banyak orang, namun rentan dari kecelakaan kerja
Jakarta (ANTARA) - Ribuan mitra kurir dalam jaringan (online) menjadi peserta  BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) yang diwujudkan  dalam bentuk perjanjian kerja sama (PKS)  antara (BPJAMSOSTEK dan Lazada Logistics, yakni unit bisnis logistik dari Lazada Indonesia.

Perjanjian kerja sama (PKS) itu ditandatangani Kepala BPJAMSOSTEK Jakarta Mampang, Ivan Sahat H. Panjaitan dan Chief Logistic Officer Lazada Indonesia Philippe Auberger, Rabu (14/9) 2022.

Penandatanganan disaksikan Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan DKI Jakarta Eko Nugriyanto di Cimanggis, Depok, sekaligus secara simbolis menyerahkan kartu kepesertaan kepada perwakilan mitra kurir Lazada Logistics.

“PKS hari ini mendorong dan meningkatkan kesadaran atas pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan bagi mitra kurir Lazada Logistics dalam segmen Program Bukan Penerima Upah (BPU) dengan memanfaatkan dan mensinergikan seluruh sumber daya yang ada,” kata Ivan Sahat H. Panjaitan.

Ia mengatakan kurir pengantar paket online adalah garda terdepan dalam jasa pengiriman logistik dan selama pandemi COVID-19 menjadi pekerja esensial yang memudahkan hidup banyak orang, namun rentan dari kecelakaan kerja.

Tidak sedikit dari mereka harus dirawat karena mengalami luka atau cedera akibat kecelakaan lalu lintas (kecelakaan kerja) yang berisiko sosial ekonomi atas hilangnya penghasilan, usia tua dan kematian.

Kondisi itu, kata dia, BPJAMSOSTEK dan Lazada Logistics, unit bisnis logistik dari Lazada Indonesia, membuat PKS tersebut.

Sementara itu  Philippe Auberger menyatakan mitra kurir merupakan salah satu pemangku kepentingan utama di Lazada Logistics.

"Sejak lama kami berkomitmen melindungi dan selalu memperhatikan kesejahteraan mereka sehingga bisa bekerja dengan tenang, bersemangat, dan selalu merasa terlindungi," katanya.

 
Jajaran BPJS Ketenagakerjaan DKI Jakarta berfoto bersama dengan Chief Logistic Officer Lazada Indonesia Philippe Auberger (tengah) dan mitra kurir yang menerima kartu peserta jamsostek secara simbolis di Depok, Jawa Barat, Rabu (14/9/2022). (ANTARA/Erafzon Saptiyulda AS/HO-BPJAMSOSTEK)


Dalam kesempatan yang sama Kepala BPJAMSOSTEK Jakarta Pasar Minggu Moch Arfan mengemukakan secara bertahap ribuan mitra kurir Lazada Logistics di seluruh Indonesia terdaftar menjadi peserta di Kantor Cabang Jakarta Mampang dan Pasar Minggu.

"Bukan hanya Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM), mitra kurir ini juga ikut dalam Program Jaminan Hari Tua (JHT) agar mereka memiliki jaminan hari yang lebih baik," kata Arfan.

Sementara Eko Nugriyanto menyatakan PKS itu merupakan salah satu bentuk komitmen pemerintah melalui BPJAMSOSTEK untuk memastikan seluruh pekerja informal dilindungi dari risiko kecelakaan kerja, kematian serta hari tua yang sejahtera.

Manfaat yang didapatkan mitra kurir di antaranya perawatan tanpa batas biaya sesuai indikasi medis hingga sembuh jika mengalami kecelakaan kerja.

Apabila dalam masa pemulihan dan tidak dapat bekerja untuk sementara waktu, BPJAMSOSTEK akan memberikan santunan Sementara Tidak Mampu Bekerja (STMB) sebesar 100 persen upah yang dilaporkan selama 12 bulan pertama dan 50 persen untuk bulan selanjutnya hingga sembuh.

Sementara jaminan kematian karena kecelakaan kerja sebesar 48 kali upah terakhir yang dilaporkan. Apabila meninggal dunia bukan karena kecelakaan kerja maka santunan yang diterima sebesar Rp42 juta.

Selain itu dua orang anak sebagai ahli waris dari mitra kurir mendapatkan beasiswa dari jenjang pendidikan dasar hingga lulus kuliah di perguruan tinggi maksimal total sebesar Rp174 juta.

Selanjutnya kedua pihak secara bersama menyosialisasi dan mendorong seluruh mitra kurir lainnya bergabung dalam program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

"Kami berharap mitra lain di ekosistem e-commerce Lazada seperti pelapak atau toko seller online juga terdaftar di BPJAMSOSTEK," demikian  Ivan Sahat H. Panjaitan.

Baca juga: Pengojek Jadi Peserta Jamsostek

Baca juga: Pengemudi ojek daring beralih jadi kurir saat PSBB
​​​​​​​

Baca juga: Jamsostek Sulawesi Tengah sasar tukang ojek

Baca juga: Pos Indonesia berdayakan wanita pelaku UMKM menjadi kurir O-Ranger

 

Pewarta: Erafzon Saptiyulda AS
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022