Hal itu dilakukan demi menjadikan lingkungan yang sebelumnya kumuh jadi tampak lebih layak, asri, dan nyaman
Jakarta (ANTARA) - Kelurahan Rawa Terate, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, membangun sumur resapan untuk mengantisipasi terjadinya banjir terutama di musim hujan.

Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar mengatakan salah satu sumur resapan tersebut berada di wilayah RW 05, Kelurahan Rawa Terate, Jakarta Timur.

“Harapannya bagaimana sumur resapan itu bermanfaat untuk warga, tidak ada genangan dan banjir di tempat ini,” kata Muhammad Anwar di Jakarta, Selasa.

Anwar menambahkan sumur resapan yang dibangun di RW 05 itu dilakukan lantaran wilayah tersebut rawan genangan ataupun banjir saat musim hujan.

Dia mengatakan pembuatan sumur resapan itu sendiri dapat terwujud berkat adanya kerja sama antar warga dan pemerintah, dalam hal ini Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Timur.

Dalam tinjauannya itu Wali Kota juga mengatakan bahwa lingkungan warga RW 05 Kelurahan Rawa Terate juga diperindah dengan mural serta dilakukan pengaspalan jalan.

Anwar mengatakan pembangunan tersebut merupakan Kegiatan Strategis Daerah Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan melalui program Community Action Plan (CAP) dan Collaborative Implementation Programme (CIP), yang dijalankan oleh Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP) Provinsi DKI Jakarta.

Hal itu dilakukan demi menjadikan lingkungan yang sebelumnya kumuh jadi tampak lebih layak, asri, dan nyaman.

Anwar pun mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk ikut serta dalam menjaga dan merawat lingkungannya salah satunya dengan penghijauan.

“Ciptakan hawa sejuk di sini, dengan menanam, penghijauan dengan tanaman-tanaman,” ujar Anwar.
Baca juga: Jakarta Selatan targetkan buat 100 titik sumur resapan
Baca juga: Komisi D DPRD DKI soroti sejumlah program Anies belum tuntas
Baca juga: Kepulauan Seribu bangun bak sumur resapan di Pulau Pramuka

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022