Inspeksi mendadak ini kami lakukan untuk memastikan tidak ada pungutan liar di lokasi pelayanan publik.
Meulaboh (ANTARA) - Unit Pelaksana Pemberantasan (UPP) Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) melakukan inspeksi mendadak ke Kantor Samsat dan Satpas SIM Aceh Barat terkait adanya dugaan pungutan liar kepada masyarakat.

Inspeksi tersebut dipimpin Wakapolres Aceh Barat Kompol Aiditia Kusuma bersama personel Propam Polres Aceh Barat dan personel Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Aceh Barat.

“Inspeksi mendadak ini kami lakukan untuk memastikan tidak ada pungutan liar di lokasi pelayanan publik,” kata Kapolres Aceh Barat AKBP Pandji Santoso, di Meulaboh, Selasa.

Adapun sasaran inspeksi tersebut meliputi lokasi pelayanan publik Kantor Samsat dan Satpas SIM Aceh Barat.

Sedangkan sasaran sidak meliputi pengecekan loket-loket pelayanan di KB Samsat dan Satpas SIM, pengecekan keberadaan papan tarif PNBP dan alur mekanisme pelayanan.

"Tidak hanya itu, petugas Saber Pungli Polres Aceh Barat juga melakukan wawancara dengan masyarakat penerima layanan. Dari hasil sidak yang dilakukan, sejauh ini belum ditemukan adanya praktik pungutan liar di lokasi KB Samsat dan Satpas SIM Aceh Barat," kata AKBP Pandji Santoso menambahkan.

Sedangkan dari hasil wawancara kepada tiga orang masyarakat penerima layanan, petugas juga menerima informasi bahwa tidak ada pungutan yang di luar ketentuan.

Kapolres Aceh Barat AKBP Pandji Santoso juga memastikan kegiatan inspeksi tersebut akan terus dilakukan secara periodik, dengan melibatkan pihak terkait dalam rangka pencegahan dan penindakan praktik pungutan liar di tempat layanan publik di daerah ini.
Baca juga: Polres sebut pelayanan publik di Sabang bebas pungli

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022