Jakarta (ANTARA) - Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengawali kunjungan kerja di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, dengan mengajak Wury Ma'ruf Amin beserta jajaran anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE) membagikan bantuan sembako dan menanam pohon di Kecamatan Masaran, pada Kamis.

Pemberian bantuan sembako dilakukan pada Kantor Kecamatan Masaran dan Iriana menyapa langsung para ibu hamil, balita, penyandang disabilitas, serta masyarakat penerima bantuan, demikian seturut keterangan Biro Pers Sekretariat Presiden yang diterima di Jakarta.

Seusai penyerahan bantuan, Iriana beserta anggota OASE KIM segera melanjutkan kegiatan penanaman pohon di halaman samping Kantor Kecamatan Masaran.

Iriana menanam pohon kelapa genjah varian kuning bali, sedangkan Wury dan Tri Tito Karnavian menanam pohon alpukat varian cidepak.

"Kegiatan OASE KIM pada hari ini seperti biasanya bidang 1 sampai 5 mengadakan acara. Tadi berjumpa dengan ibu hamil, orang-orang tidak mampu, lansia, dan juga penanaman pohon kelapa juga alpukat, dan semua pembagian bibit ada 1.000 kelapa dan 1.000 alpukat," ujar  Iriana dalam keterangannya selepas acara di Sentra Batik Windasari.

Baca juga: Keren.., puji Iriana Joko Widodo soal tenun cual Bangka Belitung

Dalam kesempatan terpisah, Ketua Bidang 5 OASE KIM Ayun Sri Syahrul Yasin, menjelaskan bahwa selain bibit kelapa genjah dan bibit alpukat, OASE KIM juga menyerahkan bibit lain untuk kelompok masyarakat dan kelompok tani setempat.

"Sesuai dengan tugas bidang 5 di OASE adalah Indonesia hijau, maka hari ini di Sragen kami menyerahkan bibit kelapa 1.000, kelapa genjah namanya, dan 1.000 juga bibit alpukat. Ada bibit cabai dan kopi, itu ditujukan untuk masyarakat atau kelompok-kelompok masyarakat, kelompok tani," katanya.

Ayun berharap bibit yang diberikan dapat ditanam di seluruh kantor kecamatan Sragen atau bahkan di halaman rumah warga. Kelompok masyarakat dapat menanam melalui program pekarang pangan lestari (P2L) dengan memanfaatkan pekarangan rumah.

"Kelompok-kelompok masyarakat yang punya kelompok tani, bisa menanam P2L, cabai, bibit cabai di kelompok-kelompok pekarangannya, kelompok masyarakat yang punya pekarangan itu menanam cabai, kemudian hasilnya dinikmati sama-sama, seperti itu," ujar Ayun melengkapi

Selepas dari sentra batik Windasari, Ibu Negara dan rombongan dijadwalkan kembali ke Jakarta melalui Pangkalan TNI Angkatan Udara Adi Soemarmo di Boyolali pada Kamis sore.

Baca juga: Iriana Jokowi dorong UMKM Babel "go digital dan internasional"
Baca juga: Ibu Negara Iriana Joko Widodo buka Pameran Kriyanusa Tahun 2022

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022