disediakan ruang serba guna yang juga bisa digunakan oleh berbagai kegiatan
Jakarta (ANTARA) -
BUMD Perumda Pasar Jaya menyatakan telah merampungkan program revitalisasi atau pembaruan 10 pasar di seluruh Jakarta dalam lima tahun terakhir sampai dengan September 2022 ini.

Direktur Utama Perumda Pasar Jaya Tri Prasetyo menjelaskan dalam lima tahun terakhir sudah ada enam pasar yang direvitalisasi yakni Pasar Sinar, Pasar Cawang Kavling, Pasar Senen Blok 3, Pasar Bidadari, Pasar Karet Belakang (Karbela), dan Pasar Kramat Jati.

"Dan hari ini diresmikan empat pasar lagi (Pasar Cipinang Kebembem, Pasar Sawah Barat, Pasar Tanah Tinggi Poncol, dan Pasar Tebet Barat) yang rampung dilakukan peremajaan," kata Tri di Pasar Cipinang Kebembem, Jakarta, Kamis.

Kesemua pasar tersebut, dijelaskan oleh Tri, memiliki bangunan kios-kios dan fasilitas pendukung pasar seperti toilet dan mushola yang lebih bersih, rapi dan modern.

"Ditambah lagi disediakan ruang serba guna yang juga bisa digunakan oleh berbagai kegiatan termasuk kegiatan olahraga seperti bulutangkis dan futsal seperti di Pasar Cipinang Kebembem ini," ucap Tri.

Selain itu, Tri mengatakan masih ada sepuluh pasar lagi yang masih dalam proses revitalisasi atau dilakukan peremajaan.

Yakni Pasar Sumur Batu, Pasar Heksagonal Ikan Luar Batang, Pasar Petojo Enclek, Pasar Jati Rawasari, Pasar Kalideres, Pasar Gandaria, Pasar Kombongan, Pasar Kwitang Dalam, Pasar Cilincing dan Pasar Perumnas Klender.

Tri berharap semua pasar yang tengah dibangun dan direvitalisasi akan bisa berjalan dengan baik dan selesai sesuai dengan tenggat waktu yang dibuat.

"Kami sama-sama berharap pembangunan pasar-pasar yang sedang dalam proses pembangunan dan revitalisasi pun bisa berjalan dengan baik dan selesai sesuai dengan jadwal yang sudah kita buat," ucapnya menambahkan.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Dirut Perumda Pasar Jaya Tri Prasetyo meresmikan empat pasar di Jakarta dengan wajah baru pada Kamis ini.

Empat pasar yang diresmikan hari ini yakni Pasar Cipinang Kebembem, Pasar Sawah Barat, Pasar Tanah Tinggi Poncol dan Pasar Tebet Barat, secara simbolis dilaksanakan di Pasar Cipinang Kebembem.

"Izinkan hari ini saya menyampaikan Pasar Cipinang Kebembem, Pasar Sawah Barat, Pasar Tanah Tinggi Poncol, dan Pasar Tebet Barat dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim pada hari ini Kamis tanggal 22 September 2022 dengan ini secara resmi dinyatakan dibuka," kata Anies di lokasi peresmian, Kamis.

Anies berharap dengan diresmikannya pasar yang memiliki tampilan baru ini akan turut memberikan dampak besar pada peningkatan kesejahteraan dan perekonomian bagi masyarakat Jakarta.

Selain itu, Anies juga mengharap dengan adanya pembaharuan pasar di ibu kota kebutuhan dasar masyarakat yakni pangan bisa terjamin, baik dalam hal pasokan, sampai dengan harganya.

"Pangan adalah kebutuhan dasar masyarakat, karenanya memastikan pasokan pangan terjamin dengan baik, harga pangan terjamin stabil, itu yang dibutuhkan oleh setiap keluarga di Jakarta, dan tentu saja pasokan pangannya berkualitas. Jadi ini lah kebutuhan dasar utama terpenting yang sekarang kita sama-sama lihat disiapkan fasilitasnya yang lebih baik," ucap Anies.
Baca juga: Empat pasar tampilan baru di Jakarta diresmikan
Baca juga: Ekonom sebut penting arahkan produk UMKM agar diminati pasar
Baca juga: Harga telur ayam di Pasar Jatinegara turun

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022