Tokyo/Osaka (ANTARA) - Menteri Keuangan Jepang Shunichi Suzuki mengatakan pihak berwenang siap untuk menanggapi pergerakan mata uang spekulatif, peringatan baru yang datang beberapa hari setelah Tokyo melakukan intervensi di pasar valuta asing guna membendung penurunan yen untuk pertama kalinya dalam lebih dari dua dekade.

Suzuki juga mengatakan pada konferensi pers pada Senin bahwa pemerintah dan bank sentral Jepang (BOJ) berada di halaman yang sama dalam berbagi kekhawatiran tentang penurunan tajam mata uang.

"Kami sangat prihatin dengan pergerakan pasar yang cepat dan sepihak baru-baru ini yang sebagian didorong oleh perdagangan spekulatif. Tidak ada perubahan pada sikap kami untuk siap merespons sesuai kebutuhan untuk pergerakan seperti itu," tambahnya.

Gubernur BOJ Haruhiko Kuroda menggemakan peringatan Suzuki bahwa pergerakan yen yang cepat tidak diinginkan, tetapi menekankan tekadnya untuk mempertahankan suku bunga ultra-rendah yang disalahkan oleh para analis karena mempercepat penurunan mata uang Jepang.

"Ada kekhawatiran yang meningkat dari perlambatan ekonomi global," yang dapat mempengaruhi ekonomi Jepang, kata Kuroda.

"Jika risiko terhadap ekonomi terwujud, kami jelas akan mengambil berbagai langkah pelonggaran moneter tanpa ragu-ragu sesuai kebutuhan," katanya dalam pertemuan dengan para eksekutif bisnis di Osaka, Jepang barat.

Pernyataan itu muncul setelah keputusan pemerintah pada Kamis (22/9/2022) untuk intervensi di pasar mata uang buat membendung pelemahan yen dengan menjual dolar dan membeli yen untuk pertama kalinya sejak 1998. Namun, para analis meragukan apakah langkah tersebut akan menghentikan penurunan yen yang berkepanjangan untuk waktu yang lama.

Penurunan tajam yen baru-baru ini, yang telah mendorong biaya hidup rumah tangga karena meningkatkan harga bahan bakar dan makanan impor, sebagian didorong oleh melebarnya perbedaan antara pengetatan moneter agresif Federal Reserve AS dan kebijakan moneter ultra-longgar BOJ.

Dolar bertambah 0,54 persen menjadi 144,175 yen pada Senin, melanjutkan pendakiannya kembali menuju puncak 24 tahun Kamis (22/9/2022) di 145,90. Dolar jatuh ke 140,31 pada hari yang sama setelah otoritas Jepang masuk ke pasar.

Dalam pertemuan dengan Kuroda di Osaka, Masayoshi Matsumoto, kepala lobi bisnis kawasan Federasi Ekonomi Kansai, memuji keputusan Jepang untuk mengintervensi pasar.

"Itu adalah langkah yang berarti yang menunjukkan tekad Jepang tidak akan meninggalkan volatilitas pasar yang tajam tanpa pengawasan," katanya.

Yoshihisa Suzuki, seorang eksekutif rumah perdagangan Itochu Corp, meminta BOJ untuk mengadopsi pendekatan kebijakan "seimbang" yang memperhitungkan tidak hanya kerugian dari pelemahan yen tetapi juga potensi risiko kenaikan tajam yen yang merugikan ekspor.

"Orang-orang banyak berbicara tentang kerugian yen yang lemah. Tetapi yen yang kuat juga menyakitkan," kata Suzuki.

Sementara pejabat pemerintah mungkin membuat pasar gelisah terhadap prospek intervensi lebih lanjut, melangkah berulang kali di pasar mata uang dan menjual sejumlah besar dolar bisa sulit karena kritik yang mungkin dihadapi Jepang dari rekan-rekan G7-nya.

Departemen Keuangan AS mengatakan pekan lalu bahwa pihaknya "memahami" intervensi Jepang ditujukan untuk mengurangi volatilitas, tetapi berhenti mendukung langkah tersebut.

Beberapa bulan yang lalu Menteri Keuangan AS Janet Yellen mengatakan tentang depresiasi yen bahwa Washington tetap yakin bahwa intervensi mata uang dibenarkan hanya dalam "keadaan langka dan luar biasa", dan bahwa pasar harus menentukan nilai tukar untuk negara-negara G7.

"Tidak mungkin Jepang akan terus melakukan intervensi untuk mempertahankan garis tertentu, seperti 145 yen terhadap dolar," kata mantan diplomat mata uang Jepang Naoyuki Shinohara kepada Reuters.

Yen tidak sendirian dalam spiral penurunan. Beberapa mata uang lainnya, termasuk pound Inggris, euro dan yuan China, telah terpukul sebagian didorong oleh kenaikan suku bunga agresif Federal Reserve dalam beberapa bulan terakhir.

Baca juga: Yen menuju kenaikan mingguan pertama dalam sebulan setelah intervensi

Baca juga: Yen perpanjang kenaikan setelah otoritas Jepang lakukan intervensi

Baca juga: Yen naik setelah Jepang intervensi dengan dukungan pertama sejak 1998

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022