Tokyo (ANTARA) - Yen melanjutkan penurunan tajamnya pada Selasa pagi, mencapai level terendah 15 tahun terhadap euro, karena implikasi bank sentral Jepang (BoJ) yang terus-menerus dovish membuat pasar valuta asing sibuk terlibat dalam apa yang disebut 'carry-trade'.

Dolar Aussie tetap berada di tengah kisaran perdagangan baru-baru ini dengan greenback menjelang keputusan kebijakan bank sentral Australia (RBA) pada pukul 04.30 GMT, dengan pasar uang memposisikan untuk pertemuan kedua tanpa perubahan. Namun, masih ada risiko kenaikan lain di paruh kedua tahun ini.

Euro stabil di 150,965 yen setelah sebelumnya menyentuh 151,03 untuk pertama kalinya sejak September 2008.

Greenback hampir datar di 137,375 yen, dan sebelumnya naik ke 137,58 untuk pertama kalinya sejak 8 Maret. Pergerakan di atas 137,90 akan menjadi level tertinggi tahun ini.

"Tanda bahwa BoJ tidak akan mengubah kebijakan suku bunga negatifnya dalam waktu dekat memberikan lampu hijau bagi spekulan untuk mengembalikan yen," kata Naka Matsuzawa, kepala strategi makro Jepang di Nomura Securities.

Penjualan aset First Republic Bank ke JPMorgan Chase & Co juga memberi kepercayaan lebih kepada investor atas prospek dolar, kata Matsuzawa.

"Kemungkinan Fed melanjutkan proses kenaikan suku bunga, daripada penurunan suku bunga, sekarang sedikit lebih tinggi."

Mata uang tunggal sedikit berubah terhadap dolar di 1,0982, diperdagangkan di dekat bagian bawah kisaran minggu lalu setelah data semalam menunjukkan manufaktur AS mencapai level terendah tiga tahun bulan lalu meskipun tekanan inflasi meningkat.

Itu membuat Federal Reserve di jalur untuk menaikkan suku bunga sebesar seperempat poin pada Rabu (3/5/2023).

Investor akan fokus pada apakah bank sentral AS mengindikasikan akan menghentikan kenaikan suku bunga setelah Mei, atau tetap menghidupkan kemungkinan kenaikan lain pada Juni atau setelahnya.

Petunjuk kunci potensial untuk itu akan datang pada Jumat (5/5/2023), ketika data ketenagakerjaan bulanan di rilis.

Bank Sentral Eropa (ECB), sementara itu, diperkirakan akan menaikkan suku bunga untuk pertemuan ketujuh berturut-turut pada hari berikutnya, dengan kenaikan 50 basis poin. Ini mengangkat euro ke puncak lebih dari satu tahun di 1,1096 dolar minggu lalu.

Sebaliknya, BoJ pada Jumat (28/4/2023) memilih untuk mempertahankan pengaturan stimulus yang sangat longgar dan memulai peninjauan kebijakan moneternya yang dapat memakan waktu 1,5 tahun, menyatakan tidak terburu-buru sama sekali untuk menormalkan kebijakan.

Keputusan ECB dan Fed, bersama dengan data pekerjaan AS, semuanya terjadi ketika Jepang akan mengamati liburan Golden Week, yang berlangsung dari Rabu (3/5/2023) hingga akhir pekan.

Di RBA, pedagang meletakkan peluang 87 persen untuk tidak ada perubahan kebijakan, meskipun sekitar 11 basis poin pengetatan diperkirakan untuk pertemuan Agustus.

Aussie naik 0,11 persen menjadi 0,6638 dolar AS, tetapi tidak menyimpang jauh dari jangkarnya sejak Selasa (25/4/2023) lalu di sekitar 0,66 dolar AS.



Baca juga: Yen merosot setelah BoJ pertahankan suku bunga sangat rendah
Baca juga: Dolar menuju kerugian bulanan, yen stabil jelang keputusan BoJ
Baca juga: Dolar, yen naik di Asia, kekhawatiran bank AS buat uang aman populer

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023