Jakarta (ANTARA) - PT Sucofindo mengajak para mitra pelanggan dan pelaku bisnis pertambangan batu bara untuk mengimplementasikan kegiatan pertambangan yang baik dan berkelanjutan (good mining practice).

Direktur Utama PT Sucofindo Mas Wigrantoro Roes Setiyadi dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa, mengatakan implementasi good mining practice juga selaras dengan langkah strategis Holding BUMN Jasa Survei atau ID Survey, di mana PT Sucofindo sebagai salah satu anggota, yaitu fokus mewujudkan tata kelola pertambangan yang baik.

“Tentu saja hal ini memberikan kontribusi terhadap Sustainability Development Goals (SDGs), yang terkait dengan Responsible Consumption, di mana tahun 2030 diharapkan pengelolaan hasil alam yang berkelanjutan dan efisien secara global,” kata Mas Wigrantoro saat berbicara pada Coaltrans 2022 di Nusa Dua, Bali, Selasa.

Mas Wigrantoro mengatakan bentuk dukungan Sucofindo terhadap good mining Practice pada sektor batubara adalah dengan memberikan inovasi yang mengutamakan aspek Green Mining.

"Inovasi ini dapat memberikan dampak keberlanjutan pada sektor pertambangan batu bara. Selain itu, layanan ini untuk mendukung penerapan tata kelola pertambangan dan untuk mendorong penurunan emisi karbon dan optimalisasi penggunaan energi baru terbarukan (EBT) di sektor energi," ujarnya.

Layanan Sucofindo terkait hal tersebut, diantaranya adalah sertifikasi ISO 50001:2018 terkait Sistem Manajemen Energi, Lembaga Sertifikasi Produk untuk Produk Hemat Energi (seperti lampu, AC), dan Audit Energi. Termasuk pada industri pertambangan, Sucofindo memberikan layanan terkait Verifikasi Tata Kelola Pertambangan.

Selain itu, BUMN ini memiliki kompetensi bidang Testing, Inspection, and Certification (TIC) di bidang lingkungan, yang dibutuhkan oleh sektor pertambangan mineral dan batubara. Antara lain validasi dan verifikasi gas rumah kaca, penyediaan Sistem Pemantauan Kualitas Air Limbah Secara Terus Menerus dan Dalam Jaringan (Sparing), Online Monitoring Lingkungan (Onlimo), remediasi, pengelolaan air asam tambang dan verifikasi program mitigasi pengurangan emisi berbasis ISO 14065 dan jasa-jasa lainnya.

“Untuk membantu pelaku usaha dalam menjaga kelestarian lingkungan, kami menyediakan layanan monitoring selama proses penambangan dan pascatambang, serta konsultansi reklamasi pascatambang,” jelas Mas Wigrantoro.

Layanan jasa inspeksi industri pertambangan mineral dan batubara, dilengkapi dengan laboratorium uji terkini serta peralatan yang mumpuni bagi semua pelaku bisnis pertambangan batu bara seperti produsen, buyer, shipper, fasilitator pertambangan, surveyor, pemerintah, serta stakeholder lainnya di sektor minerba.

"Selain itu, peningkatan kapasitas dan kapabilitas peralatan operasional di laboratorium Sucofindo dapat dimanfaatkan oleh industri pertambangan seperti pesawat tanpa awak (UAV) untuk pemetaan wilayah,” jelas Mas Wigrantoro.

Baca juga: Sucofindo fokus gunakan teknologi digital untuk jasa TIC
Baca juga: Sucofindo siap jadi Lembaga Verifikasi informasi lingkungan emisi GRK
Baca juga: Vale jaga prinsip konservasi mineral dan pertambangan berkelanjutan

 

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022