Makassar (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 bersinergi dengan PT Balai Pustaka (Persero) mendukung upaya pemerintah menumbuhkan kemampuan literasi masyarakat, terutama anak sekolah, melalui bantuan “Taman Baca Sekolah” di SMP Negeri 1 Kota Ternate, Maluku Utara.

Regional Head 4 Pelindo Enriany Muis melalui keterangannya di Makassar, Senin, mengatakan tujuan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pelindo guna menumbuhkan kemampuan literasi masyarakat, khususnya bidang kemaritiman yang sejalan dengan prioritas Program TJSL Bidang Pendidikan.

Selain itu, untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat, terutama di area lingkungan kerja dengan fokus pada tiga bidang, yaitu pendidikan, lingkungan hidup, dan pembinaan UMKM.

“Maka bantuan Taman Baca Sekolah di SMP Negeri 1 Ternate ini merupakan Program TJSL Perseroan di Bidang Pendidikan, khususnya pada Program Pustaka Kemaritiman,” kata Enriany.

Pihaknya bersyukur dapat bekerja sama dengan Balai Pustaka sehingga bisa mewujudkan “Taman Baca Sekolah” bagi masyarakat Kota Ternate, khususnya siswa sekolah.

Baca juga: Pelindo Belitung tanam ratusan pohon di lahan bekas tambang

Kepala SMP Negeri 1 Kota Ternate Mustamin Hamzah menyampaikan terima kasih atas bantuan paket “Taman Baca Sekolah” yang diberikan Pelindo dan Balai Pustaka.

Adapun paket “Taman Baca Sekolah” yang disalurkan berupa bantuan buku 300 eksemplar.

Menurut Enryani, melalui bantuan “Taman Baca Sekolah” ini, maka secara tidak langsung gerakan literasi di SMP Negeri 1 Kota Ternate dapat ditingkatkan.

Selain itu, untuk memotivasi siswa dalam meningkatkan minat baca mereka, karena dengan bantuan buku dari Pelindo, otomatis koleksi bacaan di perpustakaan sekolah menjadi bertambah.

“Kami berharap dengan bantuan 'Taman Baca Sekolah' di SMP Negeri 1 Kota Ternate, semua siswa dapat memanfaatkan fasilitas yang ada dan gairah membaca para siswa pun semakin meningkat,” kata Mustamin.

Baca juga: Pelindo sebar 1.200 bibit pohon dan 73 tempat sampah pilah di Jakut
Baca juga: Pelindo Regional 4 kuatkan kerjasama dengan Kejari Barru dan Parepare

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022