Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi), Selasa petang, menjadi Inspektur Upacara Parade Senja dan Penurunan Bendera Merah Putih yang digelar di bawah guyuran hujan deras di Lapangan Bela Negara, Kementerian Pertahanan, Jakarta.

Upacara diawali dengan pasukan drum band memasuki lapangan upacara diikuti sejumlah pasukan dari seluruh matra Tentara Nasional Indonesia (TNI), perwakilan Kepolisian RI, serta kadet Universitas Pertahanan.

Upacara dimulai sekitar pukul 18.30 WIB ketika Presiden Jokowi selaku inspektur upacara memasuki lokasi upacara yang diikuti laporan Kolonel Arm Anom Wirasunu yang bertindak sebagai komandan upacara.

Baca juga: Presiden tinjau penyerahan kendaraan bermotor di Kodim 1503/Tual

Upacara dilanjutkan dengan prosesi mengheningkan cipta, mengumandangkan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, dan lagu wajib Andhika Bhayangkari.

Lantas pasukan penurunan bendera menjalankan tugasnya menurunkan Bendera Merah Putih yang berkibar di Lapangan Bela Negara Kemenhan, sebelum upacara ditutup dengan laporan dari Komandan Upacara kepada Presiden Jokowi untuk menyelesaikan prosesi upacara.

Selepas upacara, Presiden Jokowi menyaksikan dan menyapa rangkaian "defile" dari seluruh peserta yang bergantian meninggalkan lapangan upacara didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Baca juga: Kemenhan jalin sinergi dengan akademisi tingkatkan ketahanan nasional
Baca juga: Balitbang Kemhan dukung SERGAP jadi motor listrik militer


Secara beriringan "defile" yang meninggalkan lapangan adalah pasukan TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, TNI Angkatan Udara, Kepolisian RI, kadet Universitas Pertahanan, dan pasukan komando cadangan.

Tampak pula menghadiri Upacara Parade Senja dan Penurunan Bendera Merah Putih di Lapangan Bela Negara Kemenhan adalah Wakil Presiden Ke-6 RI Try Sutrisno.

Upacara Parade Senja di Kemenhan dilaksanakan hanya satu hari menjelang Puncak Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 TNI yang jatuh pada Rabu (5/10).

Rencananya Presiden Jokowi akan bertindak sebagai inspektur upacara dalam Upacara Peringatan HUT Ke-77 TNI di Lapangan Halaman Istana Merdeka, Jakarta.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022