Palangka Raya (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah membantu pembangunan gedung baru kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) setempat sebagai bentuk dukungan upaya penegakan hukum semakin optimal.
 
"Kami mendukung peningkatan efektivitas maupun produktivitas kinerja Kejaksaan utamanya dalam penegakan hukum, termasuk dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," kata Gubernur Kalteng Sugianto Sabran di Palangka Raya, Jumat.
 
Pembangunan atau rehab ini dilakukan, juga karena usia bangunan lama sudah lebih dari 30 tahun, sehingga diperlukan pembenahan. Adapun pembangunan gedung baru kantor Kejati Kalteng ditandai dengan peletakan batu pertama oleh gubernur.
 
"Pembangunan ini ditargetkan selesai 2024 mendatang. Kami harapkan ini memberikan semangat baru khususnya bagi Kejaksaan sehingga semakin produktif," katanya.

Baca juga: Pemkab libatkan akademisi kembangkan Museum Kayu Sampit
 
Pembangunan gedung baru kantor Kejati Kalteng mengusung konsep arsitektur modern dengan dilengkapi ornamen-ornamen lokal khas daerah, di antaranya seperti Talawang. Pembangunan dibiayai APBD Kalteng, sistem tahun jamak, dengan nilai kontrak Rp52 miliar lebih.
 
Bangunan baru ini rencananya memiliki lima lantai, dengan total luas lantai 5.200 m², dilengkapi lift, terdiri dari berbagai ruangan termasuk salah satunya Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).
 
Lebih lanjut Sugianto mengatakan, selama ini jajaran Kejaksaan di Kalteng berkontribusi besar terhadap pembangunan di daerah khususnya dalam penegakan hukum. Terbaru, Kejati Kalteng berhasil menyelamatkan aset negara bernilai ratusan miliar rupiah.

Baca juga: Kalteng dapat BKN Award 2022 atas komitmen tingkatkan layanan pegawai
 
Jaksa Pengacara Negara Kejati Kalteng selaku kuasa turut tergugat Badan Pertanahan Nasional (BPN) Palangka Raya, berhasil menyelamatkan aset negara dengan memenangkan gugatan tanah Bandara Tjilik Riwut senilai Rp264 miliar.
 
"Saya mengucapkan terima kasih kepada jajaran Kejati Kalteng atas kinerja tersebut dalam upaya penyelamatan aset negara. Ini sangat luar biasa," terangnya.
 
Sementara itu Kepala Kejati Kalteng Pathor Rahman menyampaikan, pihaknya mengapresiasi dukungan yang diberikan pemerintah provinsi. Pembangunan ini menjadi momentum sangat baik dalam meningkatkan peran Kejaksaan dalam penegakan hukum, sinergi dengan instansi terkait termasuk masyarakat.
 
"Penguatan sarana prasarana yang lebih representatif diharapkan juga menjadi momentum meningkatkan kinerja dalam upaya penegakan hukum," tegasnya. (INF)

Baca juga: Pemprov Kalteng-Ombudsman perkuat sinergi pelayanan masyarakat

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2022