Manokwari (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Manokwari memperkuat kelembagaan umat Islam yang ada lewat penganggaran dana hibah yang disiapkan setiap tahun.
 
Bupati Manokwari, Hermus Indou, di Manokwari, Sabtu, mengatakan hibah disiapkan untuk memperkuat kelembagaan umat Islam khususnya dalam bidang pembinaan umat.
 
"Kami tentu menyampaikan permohonan maaf karena keterbatasan fiskal daerah maka alokasi dana hibah untuk ormas keagamaan tentu terbatas," ujar dia.
 
Hermus menyebut pemerintah daerah hanya ingin membantu pengembangan dan pembinaan umat dalam lembaga keagamaan termasuk membantu agar penyelenggaraan peringatan hari-hari besar keagamaan bisa berjalan lancar.
 
Dia menilai apa yang dilakukan Pemkab Manokwari bagi umat adalah agar masyarakat mendapatkan pelayanan yang baik.

Hermus hanya berharap umat memanjatkan doa agar pemerintah daerah mendapatkan berkah dalam setiap aktivitas perencanaan pengembangan dan pembangunan daerah.
 
Selain memberikan hibah, dia mengatakan adanya rencana Pemkab Manokwari dalam membangun Sekretariat Bersama (Sekber) khususnya bagi umat Islam di Manokwari. Rencananya pada awal tahun 2023, sekber tersebut akan dibangun.
 
Hermus juga menyebut Pemkab Manokwari terus mendukung pembangunan sarana peribadatan seperti Masjid. Di Manokwari, dia menyebut ada sekitar 80 unit masjid yang sudah dibangun.
 
"Tapi masih ada masjid yang sedang dikerjakan, ada yang baru diletakkan baru pertamanya. Ini akan terus kita dukung dan bangun bersama agar bisa menyediakan tempat yang layak untuk beribadah," ungkap dia.
 
Dalam Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Al-Falah, Kelurahan Wosi, Distrik Manokwari Barat, Sabtu, Hermus juga menyalurkan dana hibah bagi belasan Ormas Islam antara lain Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ), Masjid Nurul Hasanah, PHBI Manokwari, DPD Dewan Masjid Indonesia, MUI Manokwari, Masjid Al-Falah Wosi, Masjid Babussalam Sowi IV.
 
Sementara itu, Yayasan Lentera Hati, BKMT Manokwari, BKPRMI Manokwari juga diberikan dana hibah yang berasal dari aspirasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Manokwari termasuk untuk pengadaan peralatan qasidah.

Pewarta: Rachmat Julaini
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022