Jakarta (ANTARA) - Universitas Prof. Dr. Moestopo menggandeng Tentara Nasional Indonesia (TNI) menggelar sosialisasi pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut sebagai bagian pengabdian kepada masyarakat (PKM) di Kediri, Jawa Timur.

"Kegiatan ini juga menjadi bukti tegas bagaimana semangat pendiri Universitas Moestopo, Alm. Mayor Jenderal TNI (Purn.) Prof. Dr. Moestopo sebagai tokoh besar di bidang militer, pendidikan, kesehatan tetap terjaga hingga kini," ujar Rektor Universitas Moestopo, Paiman Raharjo, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Menurutnya, kesehatan gigi penting untuk dijaga, sebab gigi merupakan salah satu bagian yang sangat penting pada tubuh manusia. Gigi yang bermasalah dapat menyebabkan gangguan berbicara, makan, dan juga menyebabkan gangguan pada bagian tubuh lainnya.

Oleh karena itu, kata dia, menjaga kebersihan gigi dan mulut sangat penting dilakukan sebelum munculnya berbagai penyakit.

Selain pemeriksaan gigi dan mulut, dalam PKM yang digelar di Kediri ini, Universitas Moestopo dan Kodim 0809/Kediri juga menggelar khitanan dan pemeriksaan umum seperti gula darah, asam urat, serta pengobatan lainnya pada 5-9 Oktober.

Kodim 0809/Kediri dan FKG Universitas Moestopo juga melakukan kolaborasi dengan DPP3AP2KB Kota/Kabupaten Kediri dengan menggelar seminar dan Pengukuhan Bapak Asuh Anak Stunting serta kesehatan gizi.

Dandim 0809/Kediri Letkol Inf Rully Eko Suryawan melakukan pengukuhan Bapak Asuh Anak Stunting perwakilan Danramil 0809/05 Grogol Kapten Chb Aif Waluyo dan Danramil 0809/03 Mojoroto Lettu Bibit beserta 19 Danramil di wilayah Kabupaten dan 2 Danramil di wilayah Kota Kediri.

Baca juga: Riset: Nikotin tak sebabkan gangguan pertahanan gusi terhadap bakteri
Baca juga: Dokter: Makanan bersuhu ekstrim bukan penyebab gigi sensitif

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022