Ciamis (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat menyalurkan bantuan sembako sebanyak 1.645 paket dan uang tunai bagi masyarakat kurang mampu dan korban bencana alam dalam acara Gebyar Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Jamie, Desa Sukasetia, Kecamatan Cihaurbeuti, Ciamis, Sabtu.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menyerahkan langsung bantuan tersebut secara simbolis kepada masyarakat yang berada di wilayah bekas Kewadanaan Panumbangan meliputi Kecamatan Sukamantri, Panumbangan, Cihaurbeuti, Panjalu, dan Sindangkasih.

Bupati menyampaikan terima kasih bisa bertemu dengan masyarakat dalam acara Gebyar Maulid Nabi Muhammad SAW sekaligus menyerahkan bantuan sebagai bentuk kepedulian pemerintah meringankan beban kebutuhan masyarakat setelah lamanya pandemi COVID-19 melanda Ciamis.

"Pada saat ini pandemi COVID-19 memang sudah mulai mereda, tetapi efek yang ditimbulkan menyebabkan perekonomian terpuruk di mana-mana, termasuk di kita Kabupaten Ciamis," katanya.

Bupati dalam acara tersebut tidak hanya menyalurkan bantuan paket sembako bagi masyarakat, tapi memberikan uang bagi warga yang terdampak bencana alam dengan besaran berbeda-beda mulai dari Rp1 juta sampai Rp5 juta.

Baca juga: Tradisi Baayun Maulid di Tapin Kalsel diikuti 4.481 orang

Selain itu, lanjut dia, Pemkab Ciamis juga telah menganggarkan bantuan sosial berupa uang tunai sebesar Rp150 ribu per bulan selama tiga bulan yang dialokasikan untuk 35 orang per desa se-Kabupaten Ciamis.

Ia menyampaikan dalam gerakan sosial itu, Pemkab Ciamis bekerja sama dengan Baznas Ciamis salah satunya dalam penyaluran paket sembako sebanyak 1.645 paket yang sumber anggarannya dari hasil infak ASN di lingkungan Pemkab Ciamis.

Bupati dalam pertemuannya dengan warga juga mengingatkan tentang ancaman bencana alam saat musim hujan, untuk itu seluruh masyarakat untuk selalu waspada dan tetap menjaga lingkungan sekitar.

"Pada kondisi saat ini cuaca sedang ekstrem, hujan tidak reda-reda menyebabkan banjir, longsor, pergerakan tanah, bencana di mana-mana, termasuk di Ciamis ada lima Kecamatan yang tertimpa musibah tersebut," katanya.***3***


Baca juga: Peringati Maulid Nabi, Masjid UI berbagi kasih dengan 1.081 anak yatim
Baca juga: LaNyalla maknai kelahiran Nabi Muhammad sebagai kemenangan era baru






 

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022