Makassar (ANTARA) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Sulawesi Selatan dan Pemerintah Kabupaten Sidrap melakukan audit stunting dengan melibatkan para mitra di bidang kesehatan dan Forkopimda.

"ini sebagai tindak lanjut upaya percepatan penurunan angka stunting. Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Sidrap telah melakukan pertemuan Disiminasi Audit Kasus Stunting dengan BKKBN Sulsel," kata Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Sidrap Basra dalam keterangan persnya di Makassar, Minggu.

Kegiatan audit stunting juga melibatkan para mitra, yakni Tim Teknis dan Tim Pakar dari Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) serta menghadirkan OPD terkait, unsur TNI, Kepala Puskesmas, Satgas Stunting dan Penyuluh KB.

Baca juga: BKKBN Sulsel lakukan audit stunting deteksi kasus tengkes di Bone

Menurut Basra, Pemkab Sidrap sangat serius dalam penanganan stunting, berbagai program dan kegiatan intervensi telah dilaksanakan dengan melibatkan OPD terkait didukung oleh mitra kerja.

Hal itu dibuktikan dengan penurunan angka stunting di beberapa desa hanya dalam waktu dua bulan.

Menanggapi hal itu, Kepala BKKBN Sulsel Andi Rita mengataka ,dalam pelaksanaan Strategi Nasional Percepatan Penurunan Stunting telah disusun Rencana Aksi Nasional Percepatan Penurunan Stunting (RAN PASTI) dengan pendekatan sasaran keluarga berisiko stunting.

Rencana aksi nasional tersebut, meliputi penyediaan data keluarga berisiko stunting, pendampingan keluarga berisiko stunting, pendampingan calon pengantin atau calon Pasangan Usia Subur (PUS), surveilans keluarga berisiko stunting, dan pelaksanaan Audit Kasus Stunting (AKS).

Sementara Desiminasi Audit Kasus Stunting ini merupakan tahapan lanjutan identifikasi untuk mendapatkan gambaran data jumlah yang berisiko stunting serta langkah-langkah penanganan dan penurunan angka stunting ke depan.

Dia mengatakan pelaksanaan Diseminasi Audit Kasus Stunting di Kabupaten Sidrap untuk mencari penyebab terjadinya kasus stunting. Audit Kasus stunting ini dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu pembentukan tim audit, pelaksanaan audit kasus stunting dan manajemen pendampingan keluarga, diseminasi, rekomendasi, dan tindak lanjut.

Baca juga: BKKN Sulsel gencarkan sosialisasi Dapur Sehat atasi stunting

Baca juga: BKKBN Sulsel gencarkan KIE pengasuhan 1.000 HPK tekan stunting

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022